Usulkan Perda HIV-AIDS di Ketapang
Tanggal: Tuesday, 13 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Pontianak Post, 13 Desember 2011

KETAPANG – Berdasarkan sumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, hingga Desember 2011, angka kasus HIV-AIDS di Ketapang mencapai 118 orang. Dari sejumlah kasus yang ditemukan tersebut, kabupaten ini masih dikategorikan dalam low epidemic level atau epidemik HIV rendah. Namun tidak menutup kemungkinan akan menjadi concentrat epidemic level atau epidemi HIV terkonsentrasi, mengingat infeksi virus penyakit ini mengikuti fenomena gunung es.

Pengelola Program KPA Kabupaten Ketapang Zulfahmi mengatakan hadirnya angka yang menunjukkan jumlah kasus itu, dikhawatirkan bukan berarti mengambarkan epidemi yang sesungguhnya. Pasalnya, menurut dia, tak menutup kemungkinan masih banyak orang yang telah mengidap HIV, tetapi belum terdeteksi melalui tes.“HIV-AIDS bukan hanya berdampak kepada seseorang yang terinfeksi saja, tetapi lebih dari pada itu, misalnya menimbulkan dampak sosial, ekonomi, dan penurunan kualitas sumber daya manusia,” katanya.

Karenanya, menurut dia, penanggulangan epidemi HIV-AIDS harus dilakukan secara terpadu, terkoordinasi, dan berkesinambungan, untuk lebih memudahkan dalam upaya pencegahan secara menyeluruh. “Tentunya hal ini semua perlu dukungan pemerintah daerah dalam bentuk peraturan daerah,” imbuhnya.Dengan adanya peraturan daerah, dia yakin, segala bentuk implementasi kegiatan dan program pencegahan menjadi lebih terarah dan terkoordinasi dengan baik. Ini, menurut dia, mengingat beberapa daerah di Indonesia, baik kabupaten/kota atau provinsi, telah ada yang memiliki perda serupa. Dengan terbitnya perda, ditambahkan dia, upaya penanggulangan berjalan dengan baik, walaupun masih banyak kekurangan nya.Karena, kata dia, hingga sekarang, Perda HIV-AIDS Provinsi Kalbar masih berjalan sendiri. Disayangkan dia karena belum ada kabupaten/kota yang memiliki peraturan daerah serupa. (ash)

Sumber: http://www.pontianakpost.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5621