Jumlah Penderita AIDS di Aceh Meningkat
Tanggal: Tuesday, 13 December 2011
Topik: Narkoba


INILAH.COM, 13 Desember 2011

Aceh – Penyakit HIV/AIDS semakin meninggi jumlahnya. Hingga saat ini, jumlah penderita HIV/AIDS di Aceh terus meningkat. Pada November 2011, penderitanyamencapai 104 orang.

“Terus terjadi peningkatan, mulai 1 kasus pada akhir tahun 2004 menjadi menjadi 104 kasus per November 2011," sebut Walikota Banda Aceh, Mawardy Nurdin, dalam konferensi persdi kantor walikota, seusai peringatan Hari AIDS Sedunia 2011, Senin (13/12/2011).

Data dirilis Dinas Kesehatan,kasus HIV/AIDS yang ditemukan itu berasal dari 20 kabupaten/kotadi Aceh. Jumlah itubelum termasuk dariNagan Raya, Singkil,dan Kota Subulussalam yang hingga kini belum pernah melaporkan kasus tersebut.

Banda Aceh sendiri, sebut Mawardy, hingga kinitercatat 5 kasus. Empat diantaranya telah meninggal dunia.

Meminimalisir jumlah kasus itu,Mawardy mengatakan, Pemko Banda Aceh telah melakukan sejumlah upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan. Diantaranya membuka klinikInfeksi Menular Seksual (IMS) di Puskesmas Kuta Alam.

“Di klinik tersebut dilakukan konseling, pemeriksaan,dan pengobatan ARV (anti retroviral) secara gratis,” katanya.

Selain membuka klinik, Pemerintah sejak 2008 telah membuka Komisi Penanggulangan AIDS Kota (KPAK) Banda Aceh.

“KPAK Banda Aceh antara lain telah melakukan sosialisasi bagiremaja dan masyarakat, melakukan koordinasi dengan SKPD dan LSM yang peduli HIV/AIDS,”tambah Mawardy yang didampingi Kadis Kesehatan Kota Banda Aceh, dr Media Yulizar. (gus)

Sumber: http://sindikasi.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5623