Bappeda Gelar Sosialisasi MDGs
Tanggal: Wednesday, 14 December 2011
Topik: Narkoba


Harian Equator, 13 Desember 2011

Sungai Raya – Kepala Badan Percepatan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kubu Raya Gandi Satyagraha mengatakan akan lebih gencar melangsungkan sosialisasi Strategi Percepatan Pencapaian Millennium Development Goals (MDGs). Kebijakan pembangunan dari SKPD, DPRD, pihak swasta, para akademisi, CSO, dan tokoh-tokoh masyarakat lingkup Kabupaten Kubu Raya.

“Ini bertujuan untuk mendapat gambaran tentang pencapaian, tantangan, dan upaya-upaya Pemda Kubu Raya untuk percepatan tujuan MDGs,” ungkap Gandi, pada wartawan, Senin (12/12).

Menurut Gandi, laporan pemerintah Indonesia pada sidang majelis umum ke-65 di New York, bulan September tahun lalu mengungkapkan kinerja pencapaian MDGs Indonesia telah sejalan dengan kinerja pencapaian target MDGs. Meskipun kinerja di tingkat nasional sudah cukup baik, namun disparitas kerja antarprovinsi dan kabupaten/kota masih sangat bervariasi.

“Sebab itu diperlukan kerja sama lintas sektoral dan lintas bidang antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Juga perlu peningkatan kemitraan antara pemerintah dengan swasta, serta peningkatan peran aktif masyarakat untuk menangani disparitas kerja tersebut,” kata Gandi.

Sehingga Kubu raya yang baru berdiri tahun 2007 lalu, dengan berbagai keterbatasannya saat ini telah berupaya membangun program dan kegiatan untuk percepatan pencapaian MDGs.

Sejauh ini, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, program dan tujuan MDGs telah diintegrasikan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Dalam upaya mencapai tujuan yang lebih maksimal, diperlukan penguatan sinergis antara pusat dan daerah. Termasuk pendanaan yang berasal dari pemerintah pusat (dana dekonsentrasi), pemerintah daerah yang dialokasikan melalui APBD kabupaten/kota.

Terdapat delapan target pencapaian MDGs yakni, menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan dasar untuk semua, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu. Selain itu, memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, memastikan kelestarian lingkungan hidup, dan mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan. (oen)

Sumber: http://www.equator-news.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5630