Makassar Sabet Bung Hatta Award
Tanggal: Thursday, 15 December 2011
Topik: Narkoba


JPNN.com, 14 Desember 2011

JAKARTA – Pemerintah Kota Makassar (Sulawesi Selatan) meraih "Bung Hatta Award" 2011 karena dianggap berhasil dalam melaksanakan program-program pembangunan yang berwawasan Hak Asasi Manusia (HAM). Penganugerahan penghargaan HAM Tahun 2011 merupakan kali ketiga dan diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM kepada pihak yang telah memberikan perhatian dan melakukan upaya nyata dalam rangka penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan HAM di Indonesia.

"Semoga jadi pendorong bagi pemerintahan di seluruh wilayah Indonesia dalam merefleksikan nilai-nilai HAM dalam proses pembangunan.” kata Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin, Rabu (14/12).

Tujuan diberikannya penganugerahan Bung Hatta Award adalah sebagai penghargaan yang diberikan kepada individu, organisasi masyarakat, maupun pemerintah daerah yang dinilai berjasa dalam melaksanakan pemajuan, penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM). Sebelumnya, penerima Bung Hatta Award adalah Pemerintah Kabupaten Jembrana (Provinsi Bali) dan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sumut).

Terpilihnya Pemkot Makassar melalui proses pengkajian dan verifikasi oleh Badan litbang HAM. Sedangkan parameter yang digunakan berkiblat pada United Nations Development Programme (UNOP).

"Penilaian atas good governance, perlawanan korupsi, keadilan, dan delapan faktor lainnya," sambungnya.

Delapan Poin lainnya yaitu penghapusan kemiskinan, pendidikan untuk semua, persamaan gender, perlawanan terhadap penyakit HIV I AIDS, dan malaria. Kemudian, penurunan angka kematian anak, peningkatan kesehatan ibu, pelestarian lingkungan hidup dan kerjasama global.

Pemkot Makassar dianggap memprioritaskan pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan yang merupakan indikator utama dalam peningkatan indeks pembangunan manusia. (esy/jpnn)

Sumber: http://www.jpnn.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5639