Yugo Usulkan Ranperda Perlindungan ODHA
Tanggal: Friday, 16 December 2011
Topik: Narkoba


Ujungpandang Ekspres, 16 Desember 2011

MAKASSAR--Politisi Partai Demokrat yang juga anggota Badan Legislasi (Baleg) DPRD Kota Makassar, Yusuf Gunco, mengusulkan Rancangan Peraturan daerah (Ranperda) perlindungan, Penanggulangan, serta pencegahan penderita HIV AIDS.

Usualan Ranperda Perlindungan HIV itu disampaikan dihadapan Wartawan, Kamis, (15/12) kemarin. Menurutnya, saat ini jumlah penderita HIV AIDS di Makasar terus bertambah. Dan sebahagian besar juga mendapatkan perlakukan yang diskriminatif dari masyarakat, khususnya keluarga.

Sehingga, dengan hadirnya Ranperda perlindungan penderita HIV AIDS ini diharapkan dapat memberikan ruang dan motivasi kepada penderita untuk tetap semangat dan melakukan aktivitas serta berkarya dalam bidang yang digelutinya.

"Selama ini tidak ada aturannya, dan seakan penderita HIV ini di kucilkan dari pergaulan masyarakat, padahal, penyakit HIV tidak menular dari segi pergaulan, seperti bersentuhan, berbicara. HIV menyebar dari hubungan seks bebas, air susu, dan yang paling banyak dari penggunaan narkoba, khususunya yang menggunakan jarum suntik," paparnya.

Kata dia, Ranperda tersebut akan disusun awal Januari 2012 nanti. Naskah akademiknya akan dikerjakan olah pihak akademisi dari kampus yang ditunjuk.

"Makassar saat ini masuk kota terbesar di Indonesia yang mempunyai data pengidap HIV AIDS dan peredaran Narkoba terbanyak," ujarnya.

Hal yang sama juga disampikan A Fadly F Darwin SE. Ia menjelaskan jika saat ini penderita HIV AIDS terbesar adalah dikalangan anak muda dengan usia 30 tahun ke bawah. Kendala saat ini, banyak orang tak bisa dikenali, sebab bentuk fisik tak bisa jadi ukuran.

"Saya sepakat dengan adanya ranperda ini diharapkan masyarakat tidak lagi melakukan diskriminasi kepada penderita HIV AIDS," tutupnya.

Politisi Partai demokrat ini juga mengingatkan, agar masyarakat waspada dengan pengobatan melalui jarum suntik di rumah sakit. ()

Sumber: http://www.ujungpandangekspres.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5661