Lelang koleksi Liz Taylor capai US$150 juta
Tanggal: Monday, 19 December 2011
Topik: Narkoba


BBC Indonesia, 17 Desember 2011

Lelang barang-barang koleksi mendiang bintang film Hollywood Elizabeth Taylor di Rumah Lelang Christie's, New York telah berakhir dan menghasilkan lebih dari US$150 juta atau sekitar Rp1,354 triliun.

Sejak hari pertama lelang berbagai koleksi pribadi Liz Taylor laku keras, di antaranya adalah kalung dengan hiasan mutiara dari abad ke-16, terjual sebesar US$11 juta atau sekitar Rp99 miliar.

Naskah film bersampul kulit bahkan laku 50 kali lipat dari perkiraan. Naskah The National Velvet, film pertama Liz Taylor, dilelang seharga US$170.000.

Bos Christie's Marc Porter menyebut lelang koleksi Liz Taylor sebagai lelang yang diramaikan banyak penawar dan mereka berebut untuk mendapatkan setiap barang yang dijual.

Dalam lelang selama empat hari itu juga dijual barang-barang seni Liz Taylor termasuk kotak manisan karya Andy Warhol, laku tiga kali lebih tinggi dari perkiraan dan juga gambar sepasang bibir karya Warhol dengan tulisan "Untuk Elizabeth ciuman besar Andy Warhol", dijual dengan harga US$242.500.

Disumbangkan

Sebuah foto mendiang bintang pop Michael Jackson, kawan Taylor, dengan tulisan "Untuk Cintaku Sejati, Elizabeth" dibayar oleh seorang pembeli dengan harga US$146.500, jauh lebih tinggi dari hari perkiraan US$2.000-3.000.

Lelang koleksi Liz Taylor ditutup Jumat malam (15/12) waktu New York. Adapun lelang di online akan ditutup hari Sabtu.

Legenda Hollywood tersebut dikenal menyukai intan dan zamrud. Suaminya, Richard Burton memberikan banyak hadiah kepada aktris yang dinikahinya dua kali itu.

Sebagian hasil lelang akan disumbangkan ke Yayasan AIDS Elizabeth Taylor yang didirikan Taylor pada 1991.

Elizabeth Taylor meninggal dunia di Los Angeles Maret 2011 pada usia 79 tahun.

Sumber: http://www.bbc.co.uk




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5671