Miris, Indonesia Masih Dihantui Penyakit Infeksi
Tanggal: Monday, 19 December 2011
Topik: Narkoba


okezone.com, 19 Desember 2011

JIKA negara lain sudah tak lagi dikhawatirkan dengan ancaman penyakit infeksi, Indonesia justru masih disibukkan dengan permasalahan wabah tersebut. Lantas, bagaimana solusinya?

Urusan penyakit infeksi memang menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Apalagi tipe penyakit ini bukanlah penyakit yang dapat dicegah.

Dr dr H Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB mengatakan, bahwa sebagai negara, posisi Indonesia terbilang tanggung.

"Kita masih disibukkan dengan permasalahan dalam menyelesaikan penyakit infeksi yang seharusnya sudah terselesaikan beberapa tahun lalu," tuturnya dalam acara media edukasi bertema “Laboratorium Mikrobiologi Klinis (LMK) FKUI Berperan Penting dalam Penetalaksanaan Penyakit Infeksi di Indonesia” di LMK FKUI, Jalan Pegangsaan Timur 16, Jakarta, Senin (19/12/2011).

Momok tersebut kian menakutkan karena akhir tahun ini masyarakat dikejutkan dengan berbagai wabah penyakit infeksi, antara lain difteri, hepatitis A, dan keberadaan virus HIV AIDS yang mengalami peningkatan kasus tercepat di Asia Tenggara. Selain itu, Indonesia pun menjadi penyumbang terbesar TBC di dunia.

Minimnya dukungan pemerintah dalam hal tersebut kian memerparah keadaan kesehatan di Indonesia. Himpitan kondisi yang serbaterbatas tersebut akhirnya membuat masyarakat perlu proaktif memproteksi dirinya.

Dr Ari menyarankan, bahwa melakukan hidup sehat menjadi upaya yang dapat dilakukan. Hal tersebut dapat dimulai dengan selalu mengonsumsi buah serta sayur-sayuran dan melakukan olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Selain itu, berhenti merokok, tidak mencoba narkoba dan minum-minuman beralkohol, serta berhubungan seks hanya dengan pasangan yang sah perlu dilakukan. Hal kecil lainnya yang perlu digalakkan, rutinlah melakukan kegiatan sederhana seperti cuci tangan pakai sabun untuk mencegah penyakit-penyakit menular seperti infeksi saluran pernapasan, demam tifus, diare serta hepatitis A. (tty)

Sumber: http://lifestyle.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5675