Ditemukan 4 Penderita HIV-AIDS di Bawah Umur
Tanggal: Tuesday, 27 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Suara Karya, 24 Desember 2011

TEGAL: Sedikitnya empat orang penderita penyakit HIV-AIDS di bawah umur (12-21 tahun) ditemukan di Kota Tegal dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Jumlah itu diperkirakan bisa bertambah mengingat ada 46 warga Kota Tegal yang terjangkit penyakit yang mematikan itu.

"Ada 4 warga yang terjangkit virus HIV-AIDS yang usianya masih di bawah umur," kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Agus Dwi, kemarin.

Menurut Agus, sampai akhir bulan Nopember tahun 2011, jumlah warga Kota Tegal yang terjangkit penyakit mematikan tersebut mencapai 46 orang. Dengan perician temuan, tahun 2008 tujuh orang, tahun 2009 lima orang, tahun 2010 dua puluh satu orang, dan tahun 2011 tiga belas orang. "Kebanyakan warga yang terjangkit penyakit ini masuk dalam usia produktif dan usia subur," kata Agus.

Dinas Kesehatan sendiri, kata Agus, telah melakukan antisipasi atas merebaknya penyakit itu. Antisipasi itu, antara lain, melakukan sosialisasi bahaya penyakit, pemeriksaan secara berkala pada warga yang berisiko tertular, melibatkan masyarakat yakni dengan membentuk kelompok peduli HIV-AIDS.

Sementara itu, dosen Universitas Pancasakti Tegal Hujolly menyatakan, temuan 4 orang warga di bawah umur yang terjangkit virus HIV-AIDS akibat makin menjamurnya tempat-tempat hiburan di Kota Tegal yang berpotensi menjadi sarang penularan penyakit.

Hujolly menambahkan, untuk menekan penyebaran penyakit HIV-AIDS, Pemerintah Kota Tegal harus menghentikan perizinan tempat-tempat hiburan baru. Sementara untuk yang telanjur berdiri, pemerintah harus merelokasinya ke tempat yang jauh dari permukinan warga. (*/Dwi Putro AA)

Sumber: http://www.suarakarya-online.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5704