Ratusan Siswa di Ujungbatu Rohul Ikuti Sosialisasi HIV/ AIDS
Tanggal: Tuesday, 27 December 2011
Topik: HIV/AIDS


Riau Terkini, 25 Desember 2011

Dalam rangka mengenalkan bahaya virus HIV/AIDS, digelar sosialisasi terhadap remaja di Ujungbatu, Rohul. Pesertanya ratusan pelajar SMP dan SMA.

UJUNGBATU - Ratusan siswa setingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), serta puluhan pemuda utusan desa di Kecamatan Ujungbatu, ikuti sosialisasi penyuluhan dan bimbingan bahaya virus HIV dan AIDS.

Beberapa hal mendasari terselenggaranya kegiatan penyuluhan dan bimbingan bahaya virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS), seperti sempena Hari AIDS se-dunia 1 Desember 2011. Kemudian menutup operasi penyakit masyarakat (Pekat) yang digelar 10-19 Desember kemarin di jajaran Polres Rokan Hulu.

Dikatakan Kepala Polsek Urban Ujungbatu Kompol Johan Riva’I, dalam upaya memerangi penularan virus HIV dan AIDS yang telah menyebar di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Riau, penyakit ini semakin menggurita.

Penyakit ini katanya tidak kenal kompromi kepada siapa pun orang yang berisiko tinggi terserang, seperti para pekerja seks komersial (PSK), seks bebas, dan jarum suntik.

“Penyakit ini terjadi karena ada penjual dan pembeli, jadi dengan prinsip kita lebih mengedepankan upaya preventif (pencegahan) dari pada langkah represif (tindakan),” ajaknya kepada ratusan peserta, di Hotel Netra Ujungbatu.

Johan memaparkan kepada peserta, bahwa penularan HIV dan AIDS juga bisa terjadi melalui pertukaran darah, cairan sperma, cairan kemaluan, dan Air Susu Ibu (ASI). “Untuk itu, jalan terbaiknya adalah lebih mencegahnya daripada mengobati,” terangnya.

Pada acara ini, pihak desa kirimkan lima perwakilannya. Sementara setiap sekolah setingkat SLTP dan SLTA, juga mengirimkan 4 siswanya. Acara turut dihadiri seluruh Unsur Musyawarah Kecamatan (Upika), tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama di Kecamatan Ujungbatu.

Mewakili Upika Ujungbatu, Danramil Kapten Inf Yuhardi, mengatakan acara tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial tinggi pihak penyelenggara. Ia berharap kebersamaan seperti itu terus dipertahankan.***(zal)

Sumber: http://www.riauterkini.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5709