Fadly Minta Baleg Usulkan Ranperda Perlindungan ODHA
Tanggal: Tuesday, 27 December 2011
Topik: Narkoba


Ujungpandang Ekspres, 26 Desember 2011

MAKASSAR -- Anggota Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Makassar, A Fadly M Darwis meminta kepada Badan Legislasi (Baleg) untuk mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pelindungan Orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Hal ini untuk memberikan ruang kepada penderita untuk berkreasi serta melakukan aktivitas. Kata dia, saat ini citra para ODHA di masyarakat sangat buruk. Sehingga dengan adanya Perda Perlindungan ODHA ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penularan HIV/AIDS dan bagaimana cara memperlakukan para ODHA.

" Ini persoalan kemanusiaan sehingga diharapkan perda ini juga sebagai motivasi bagi mereka untuk tetap memiliki semangat hidup,"jelasnya kepada Upeks di Makassar, Senin, (26/12).

Sementara itu, Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPRD Makassar, Yusuf Gunco, sebelumnya telah mengusulkan adanya perda perlindungan, penanggulangan, serta pencegahan HIV/AIDS.

Menurutnya, saat ini jumlah penderita HIV/AIDS di Makassar terus bertambah. Dan sebagian besar diantara mereka mendapatkan perlakukan yang diskriminatif.

"Selama ini tidak ada aturannya, dan seakan penderita HIV/AIDS dikucilkan dari pergaulan masyarakat. Padahal HIV tidak menular hanya dengan bersentuhan atau berbicara dengan penderita" terangnya.

Kata dia, ranperda tersebut akan disusun awal Januari 2012. Naskah akademiknya akan dikerjakan olah pihak akademisi dari kampus yang ditunjuk.

Hal serupa juga disampikan A Fadly F Darwin SE. Saat ini jumlah penderita HIV/AIDS terbesar berasal dari kalangan usia 30 tahun ke bawah dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. ()

Sumber: http://www.ujungpandangekspres.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5716