276 Kabupaten/Kota Belum Salurkan BOS Triwulan IV
Tanggal: Thursday, 29 December 2011
Topik: Narkoba


PRLM, 28 Desember 2011

JAKARTA - Sebanyak 276 kabupaten/kota, menurut rekap data Selasa (27/12) pukul 15.00 WIB, belum menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2011 triwulan IV (Oktober, November, Desember). Dari jumlah itu, termasuk di antaranya tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat.

Berdasarkan rekap data pada Selasa (27/12) sore itu, bahkan untuk triwulan III (Juli, Agustus, September), masih terdapat 28 kabupaten/kota yang belum menyalurkan dana BOS. Paling banyak berada di Provinsi Papua mencapai 10 kabupaten/kota, disusul Provinsi Nusa Tenggara Timur sebanyak 5 kabupaten/kota.

“Peringatan kepada pemerintah kabupaten/kota untuk menyalurkan dana BOS ini,” ujar Menko Kesra HR Agung Laksono saat menyampaikan keterangan pers mingguan sekaligus refleksi akhir tahun di Kantor Kemenko Kesra, Jakarta, Rabu (28/12).

Menurut Agung, jumlah total kabupaten/kota sebanyak 497 buah. Menurut rekap data Selasa sore, tercatat baru 221 kabupaten/kota atau sebesar 44,5 persen yang sudah menyalurkan dana BOS. “Menjadi perhatian betul kepada pemda-pemda agar terpanggil,” katanya.

Untuk penyaluran dana BOS 2011 triwulan IV, baru di Provinsi DKI Jakarta (terdiri dari enam kota) yang sudah selesai menyalurkan. Sedangkan, di 32 provinsi lainnya masih ada bervariasi, ada yang sudah menyalurkan dan ada yang belum menyalurkan.

Di Jawa Barat misalnya, berdasarkan rekap data pada Selasa (27/12) pukul 15.00 WIB, dari 26 kabupaten/kota yang ada baru 19 kabupaten/kota yang sudah menyalurkan. Sejauh ini, belum diperoleh data terbaru.

Contoh lainnya, di Provinsi Papua, dari 29 kabupaten/kota yang ada, baru satu kabupaten/kota yang sudah menyalurkan. Di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dari 21 kabupaten/kota yang ada, dilaporkan baru 3 kabupaten/kota yang sudah menyalurkan.

Selanjutnya, di Provinsi Sumatera Utara, dari keseluruhan 33 kabupaten/kota, baru 13 kabupaten/kota yang sudah menyalurkan. Di Sulawesi Selatan, dari 24 kabupaten/kota yang ada baru 10 kabupaten/kota yang sudah menyalurkan, dan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, dari 23 kabupaten/kota yang ada, baru 8 kabupaten/kota yang sudah menyalurkan dana BOS.

Agung yang didampingi para deputi di lingkungan Kemenko Kesra itu mengungkapkan, tahun mendatang (2012) dilakukan perubahan sistem penyaluran. Penyaluran dana BOS pada 2012 kelak dilakukan melalui kas umum provinsi --tidak seperti 2011 yang melalui kabupaten/kota, sebelum kemudian ditransfer ke sekolah-sekolah.

Anggaran dana BOS 2012 mendatang disiapkan sekitar Rp 23,5 triliun. Rencananya, penyaluran dana BOS itu ke sekolah akan dilakukan tiga bulan sekali. Sedangkan, untuk daerah sulit (terpencil), penyaluran dilakukan enam bulan sekali, atau dua kali dalam setahun.

Sebelumnya, dalam penyampaian refleksi akhir tahun, Agung menjelaskan sejumlah hal terkait dengan kesejahteraan rakyat, mulai dari penanggulangan kemiskinan, penanganan bencana 2011, Millennium Development Goals (MDGs), HIV-AIDS, dan soal Pulau Marampit di Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara. (A-94/das)***

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5727