HIV/AIDS di Kaltim Meningkat
Tanggal: Tuesday, 03 January 2012
Topik: HIV/AIDS


Samarinda Pos, 31 Desember 2011

SAMARINDA - Dinas Sosial Kaltim menyatakan kasus HIV/AIDS di Kaltim terus mengalami peningkatan. tahun 2010 pengidap HIV/AIDS yang terdeteksi masih berjumlah 2.070 orang, Sedangkan tahun 2011 ini jumlahnya meningkat menjadi 2.247 orang. Sedangkan yang meninggal sebanyak 412 orang.

Penyebaran HIV/AIDS ini, menurut Kepala Dinas Sosial Kaltim, Bere Ali selain karena disebabkan oleh perilaku seks bebas, juga karena penyalahgunaan jarum suntik. Celakanya lagi, HIV/AIDS ini juga menyerang ibu-ibu rumah tangga karena ulah suami mereka yang hobi "jajan" di lokalisasi. Karena itu perlu digencarkan sosialisasi untuk memberikan pemahaman sehingga diharapkan mampu menekan laju pertumbuhan penyakit ini.

“Penyuluhan sosial di titik rawan penyebaran HIV/AIDS harus ditingkatkan. Hal ini harus dilakukan agar terjadi perubahan perilaku yang dilakukan melalui transfer informasi, komunikasi, motivasi dan edukasi sehingga terbangun kesadaran masyarakat untuk mendukung pencegahan infeksi HIV/AIDS,” ujar Bere Ali.

Bere Ali mengakui, pencegahan kasus HIV/AIDS sesungguhnya sudah banyak dilakukan bekerja sama dengan instansi teknis terkait seperti Dinas Kesehatan Kaltim dan lainnya. Hanya saja, cakupan kegiatannya masih sangat kecil dan terbatas.

“Memang perlu ditingkatkan sosialisasi untuk pencegahan penyakit ini. Khususnya kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial yang rentan dengan masalah kemiskinan, pendidikan rendah dan tidak memiliki pekerjaan tetap. Termasuk juga para pekerja prostitusi dan para waria,” jelas Bere Ali. (rm-4/lee)

Sumber: http://www.sapos.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5744