Tekan Penyebaran HIV/AIDS
Tanggal: Tuesday, 03 January 2012
Topik: HIV/AIDS


Pontianak Post, 31 Desember 2011

PENYEBARAN penyakit mematikan HIV/AIDS di Landak sejauh ini telah merambah ke daerah-daerah. Di Landak sumber penderita yang terjangkit HIV/AIDS dari data di Dinas Kesehatan tercatat sebanyak 36 orang. 15 orang diantaranya laki-laki dan sisanya sebanyak 21 orang lagi adalah perempuan. "Untuk penderita HIV/AIDS di Landak ini total 36 orang dan sampai Desember ini puji Tuhan tidak ada penambahan," ujar Kadis Kesehatan Landak dgr. Magdalena Nuraini Sitinjak, MM saat ditemui diruang kerjanya, kemarin.

Ia menambahkan, kebanyakan penderita HIV/AIDS ini merupakan para pekerja yang memiliki resiko tinggi terjangkit virus berbahaya ini. Untuk menekan penyebaran HIV/AIDS ini pihaknya dengan melakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Narkoba (BPN) yang terus melakukan pengawasan dan memberi himbau dan pengarahan khususnya kepada para pekerja resiko tinggi terjangkit HIV/AIDS. "Kita dengan rutin malakukan pengawasan seperti

pemeriksaan darah, menganjurkan penggunaan kondom kepada mereka yang bekerja dalam resiko tinggi tertular virus mematikan ini," ujarnya. Ke depan, ia berharap adanya sebuah lembaga yang mampu menampung, mengarahkan dan membina terhadap mereka yang selama ini bekerja sebagai pekerja seks komersial atau lainnya. "Kita berharap adanya sebuah panti rehabilitasi, dimana mereka ini nantinya akan diberi kerempilan seperti salah satunya ketrampilan menjahit untuk bekal hidup di tengah-tengah masyarakat. Tentu saja hal ini harus dilakukan melalui kerjasama lintas instansi terkait," harapnya. (sgg)

Sumber: http://www.pontianakpost.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5745