Penyebaran HIV/AIDS di Sukabumi Mengkhawatirkan
Tanggal: Thursday, 05 January 2012
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 04 Januari 2012

SUKABUMI: Hasil konseling lembaga swadaya masyarakat Rumah Cemara yang khusus menangani penanggulangan HIV/AIDS dan narkotika mencatat enam mahasiswa asal Sukabumi terjangkit virus HIV. Dua diantaranya adalah mahasiswi.

Hal itu dikatakan Manager Progam Rumah Cemara Sukabumi-Cianjur, Yudha Ilham Affandi, Rabu (4/1). Menurutnya, dari enam mahasiswa tersebut empat diantaranya sudah mengkonsumsi rutin Antiretroviral (ARV) dengan sementara sisanya belum rutin mengkonsumsi ARV karena antibodinya masih diatas 500.

Namun, keenam mahasiswa tersebut terus melakukan konseling dan pemeriksaan rutin untuk mengetahui sejauh mana virus HIV yang ada dalam tubuhnya tersebut berkembang.

"Mereka terus kami berikan masukan agar tidak putus semangat dan yakin bahwa mereka bisa tetap sehat dan tidak melakukan lagi kegiatan rawan tertular atau menularkan penyakit tersebut," tambahnya.

Penanggung Jawab Progam Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kota Sukabumi, Wahyu Hendriana mengatakan selama 2011 ini, ada empat balita dan satu anak berusia enam tahun tertular penyakit HIV. Selain itu, selama 2011 tercatat 51 orang tertular HIV sehingga total warga yang tertular HIV dan sudah AIDS mencapai 461 orang.

"Mayoritas remaja yang tertular penyakit ini atau bisa dikatakan 50 persennya berusia masa remaja," kata Wahyu. (Ant/OL-04)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5758