Survei HIV pada Pekerja Seks di Serpong Utara
Tanggal: Tuesday, 10 January 2012
Topik: HIV/AIDS


KOMPAS.com, 09 Januari 2012

SERPONG UTARA - Sejak Desember tahun lalu, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan melakukan survei ke sejumlah lokalisasi di Kota Tangsel. Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keterjangkitan HIV pada wanita pekerja seks (WPS).

Dari tujuh kecamatan yang ada di Tangsel, hanya wilayah Serpong Utara yang belum sempat didata. Survei ke Serpong Utara ditargetkan selesai pada akhir Januari 2012 sehingga sejumlah WPS yang terjangkit HIV di Tangsel sudah terdata dan akan ditindak lebih lanjut pada Februari mendatang.

Selain melakukan pendataan, Dinkes Tangsel juga menyebarkan 12.500 kondom di setiap lokalisasi. “Sambil melakukan survei, kami membagikan kondom untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS di Tangsel,” kata Alwan selaku Kepala Seksi Penanggulangan Penyebaran Penyakit Dinkes Tangsel, Senin (9/1/2012).

Survei dan pendataan terhadap WPS di lokalisasi merupakan langkah pemerintah Kota Tangsel untuk menentukan kebijakan strategis terkait pencegahan HIV/AIDS di Kota Tangsel pada 2012. “Jika memang WPS yang terjangkit besar, maka kita akan membuat program untuk pencegahan HIV khususnya di lokalisasi,”kata Alwan.

Selain survei dan pendataan di lokalisasi, Dinkes juga akan mendata penderita yang terjangkit HIV pada komunitas penguna jarum suntik (Penasum). Program ini akan dilakukan secara bertahap sehingga nantinya akan diketahui seberapa kritis tingkat penderita HIV di Kota Tangsel, apakah melalui hubungan seksual atau penggunaan jarum suntik.

Tidak mudah melakukan survei kepada penderita HIV ini. Di lapangan, kata Alwan, banyak masalah yang menghambat proses pendataan. Salah satu kendalanya adalah penolakan dari para pekerja seks.

Sumber: http://serpong.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5781