Kasus HIV/AIDS Gianyar Meningkat Tajam
Tanggal: Thursday, 12 January 2012
Topik: HIV/AIDS


INILAH.COM, 12 Januari 2012

Gianyar - Penderita penyakit mematikan HIV/AIDS semakin meningat tajam di Kabupaten Gianyar. Peningkatan ini disebabkan lantaran masyarakat kurang sadar pemahamannya soal penyakit yang sudah meledak di tahun 1987 itu.

"Kami berharap masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaannya, karena penyakit mematikan itu semakin meningat di Gianyar," kata Ketua Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Gianyar, Dewa Made Sutanaya.

Selain itu, pria yang juga Wakil Bupati Gianyar itu berharap agar masyarakat senantiasa berperilaku hidup sehat sehingga volume penyebaran penyakit ini bisa diperkecil.

Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Gianyar, Dewa Made Oka Sedana mengatakan sampai saat ini Kabupaten Gianyar menduduki peringkat nomor empat sebagai daerah yang terjangkit penyakit HIV/AIDS. Sebelumnya di tahun 2010, Kabupaten Gianyar menduduki pososi nomor lima di Bali.

"Ya kita akui ada peningkatan tajam penghidap penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Gianyar," jelasnya.

Dari data yang ada, sebelumnya sebanyak 181 orang yang teridentifikasi menghidap HIV/AIDS, namun saat ini sudah mencapai 405 orang. Kecamatan yang paling besar teridentifikasi penyakit HIV/AIDS adalah Kecamatan Sukawati berjumlah 25 orang, disusul kemudian Kecamatan Ubud, 23 orang, Blahbatuh sebanyak 15 orang serta Tegalallang, Payangan dan Tampaksiring sebanyak 12 orang.

Kondisi ini, menurut Dewa Oka Sedana sangat mencemaskan untuk itu sangat penting upaya pencegahan dengan lima cara yakni ayo puasa seks, setiap pada satu pasangan, cegah dengan kondom, say to drugs, dan edukasi atau pendidikan seks. Dokter I Made Molin Yudiasa,Mars, salah seorang dari tim Advokasi Penanggulangan HIV/AIDS Provinsi Bali mengatakan pertama kali Bali dikejutkan dengan kasus HIV/AIDS adalah sejak tahun 1987.

Di tahun ini terjadi dua kasus meninggal karena penyakit mematikan itu, satu orang berasal dari Bali dan satu lagi di Jakarta. Kejadian ini terus mengalami peningkatan, dan hingga saat ini sudah ratusan juta manusia terjangkit penyakit itu. Untuk itu, dia berharap agar penanggulangan penyakit mematikan itu segera dilakukan, sehingga tidak terus menyebar di dunia, maupun di Indonesia pada khususnya.[bay]

Sumber: http://sindikasi.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5791