79 Kantong Darah Terinfeksi HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 12 January 2012
Topik: HIV/AIDS


Solo Pos, 12 JAnuari 2012

SOLO – Jumlah darah yang terinfeksi bibit penyakit HIV/AIDS yang masuk ke PMI Cabang Solo sepanjang tahun 2011 naik lima persen dibanding 2010.

Direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Solo, Titis Wahyuono saat ditemui Solopos.com menjelaskan, pada tahun 2011 terdapat 79 kantong darah yang diduga terinfeksi HIV/AIDS. Menurut dia peningkatan jumlah darah yang terinfeksi bibit penyakit memang naik secara keseluruhan tahun ke tahun. Bukan hanya bibit HIV/AIDS, tapi juga penyakit hepatitis B, hepatitis C dan sifilis. “Secara umum produksi darah di PMI memang naik dibandingkan tahun lalu,” katanya, Kamis (12/1/2012).

Titis menerangkan 79 kantong darah yang diduga mengandung bibit penyakit HIV/AIDS sudah dikirim ke UDD PMI pusat di Jakarta. Tujuannya untuk pemeriksaan ulang kandungan darah. Sedangkan untuk darah yang diduga terinfeksi bibit hepatitis B, hepatitis C dan sifilis sudah dimusnahkan oleh PMI Solo. “Hasil pemeriksaan kami sebatas initial reactive, belum tentu positif HIV/AIDS. Biasanya hanya 20 persen dari seluruh darah yang kami kirim yang positif HIV/AIDS,” imbuhnya.

Sumber: http://www.solopos.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5793