Darah yang Terinfeksi HIV/AIDS di Solo Meningkat
Tanggal: Monday, 16 January 2012
Topik: HIV/AIDS


okezone.com, 13 JAnuari 2012

INFEKSI HIV/AIDS di Solo meningkat pesat. Hal itu diketahui dengan keberadaan darah dari para pendonor yang telah terinfeksi virus mematikan tersebut.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solo, dr Titis Wahyuono mengungkapkan bahwa sepanjang 2011, darah yang berasal dari pendonor ada sekira 79 kantong yang diduga terinfeksi virus HIV/AIDS.

“Yang terinfeksi HIV/AIDS meningkat sekitar 5 – 10 persen dibanding tahun sebelumnya, yakni 2010,” ungkap dr Titis Wahyuono saat dihubungi di Kantor PMI kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (12/1/2011).

Lebih lanjut dr Titis mengatakan, bahwa meningkatnya darah yang diduga terinfeksi virus HIV/AIDS itu terjadi seiring dengan meningkatnya pendonor darah ke PMI Solo. Pendonor darah di PMI Solo dari tahun ke tahun meningkat sekira 10 persen.

Kepala UDD PMI Solo mengatakan, bahwa sesuai prosedur, darah yang diterima PMI langsung diuji di laboratorium untuk diketahui mengandung penyakit ataukah tidak. Keluar dari laboratorium, kandungan darah pun langsung bisa terdeteksi mengandung bibit penyakit apa.

“Hanya khusus mengandung HIV/AIDS ataukah tidak, kami baru sebatas dugaan atau Initial Reactive. Darah yang diduga terinfeksi HIV/AIDS selanjutnya dikirim ke UDD PMI pusat di Jakarta untuk diuji ulang alat yang lebih canggih,” jelasnya.

Selain terinfeksi HIV/AIDS, menurut dr Titis Wahyuono, darah yang masuk ke PMI Solo memang ada yang terinfeksi penyakit lain seperti hepatitis B, sipilis ataukah hepatitis C.

“Untuk alat pendeteksi penyakit hepatitis B dan C, maupun sipilis, kami memiliki. Karena itu, darah yang sudah pasti mengandung penyakit itu kemudian dimusnahkan,” jelasnya. (ind) (tty)

Sumber: http://health.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5796