Dinas Kesehatan Palembang Akan Gelar Pelatihan IVA
Tanggal: Thursday, 19 January 2012
Topik: Narkoba


Info Publik, 18 Januari 2012

Palembang - Dinas Kesehatan Kota Palembang akan menggelar pelatihan infeksi visual dengan asam asetat (IVA) bagi Puskesmas Sekip, Pakjo, Puskesmas Plaju, Merdeka, Dempo, Puskesmas Pembina, Puskesmas 3-4 Ulu, Puskesmas Ariodilah, dan Puskesmas Sako.

“Setiap puskesmas diwakili dua orang, dokter dan bidan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Gema Asiani, Rabu (18/1).

Pelatihan ini salah satu upaya mencegah serta mendeteksi kanker servik atau kanker mulut rahim. Angka kematian akibat penyakit ini tergolong tinggi di Indonesia. Di Palembang, kanker ini merupakan penyebab tertinggi kematian kaum perempuan.

Kondisi ini juga dipicu rendahnya kesadaran warga. “Mereka baru memeriksakan diri apabila sudah masuk tahap stadium lanjut,” kata Gema.

Kelak, puskesmas-puskesmas yang mengikuti pelatihan itu jadi tempat pelayanan IVA. Dengan begitu, jika ada warga yang terdeteksi mengidap kanker servik, tindak pencegahannya bisa dilakukan dengan cepat.

Ia menerangkan kanker mulut rahim ini rentan menyerang ibu muda maupun wanita usia subur, serta wanita yang kerap berganti pasangan. Gema mengimbau kaum wanita sedapat mungkin menghindari berganti pasangan dan berhubungan seks di bawah usia 20 tahun. Alasannya, secara fisik seluruh organ intim wanita baru matang pada usia 21 tahun.

Kanker servik, sebut Gema, juga mudah menyerang wanita perokok dan penderita HIV/AIDS. “Penderita kanker ini harus cepat ditanggulangi,” kata Gema. (MC Palembang/Wahyu Hidayat/toeb)

Sumber: http://www.bipnewsroom.info




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5827