HIV-AIDS Semakin Mengancam!
Tanggal: Friday, 20 January 2012
Topik: HIV/AIDS


Cenderawasih Pos, 20 Januari 2012

YALIMO - Bahaya penularan virus mematikan HIV atau di sebut ’human immunodeficiency virus’ dan AIDS atau acquired immunodeficiency syndrome di Indonesia pada umunya dan di kabupaten kota di Provinsi Papua dan Papua Barat sudah sangat menhkhawatirkan dan sudah sangat mengancam kehidupan masyarakat, oleh sebab itu setiap kepala daerah bupati/walikota perlu tanggap secara cepat, tepat sejak dini dalam membentuk komisi penanggulangan HIV-AIDS (KPA) masing dan membuat berbagai kebijakan-kebijakan startegis dalam mencegah dan menanggulangi virus berbahaya tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua Harian KPA Provinsi Papua, drh. Constan Karma saat melantik KPA kabupaten Yalimo, Kamis (19/1) kemarin. Ia sangat mengharapkan adanya tanggung jawab moril dari setiap pejabat bupati/ walikota dalam merespon dan menanggulangi bahaya HIV-AIDS. ”setiap pejabat bupati/walikota di Papua perlu melakukan kebijakan-kebijakan strategis dalam menekan laju berkembang virus HIV-AIDS ini,. Saya juga sangat berterimakasi kepada Bupati Yalimo yang merasa peting adanya KPA ini di Yalimo sebgai lembaga yang menangani HIV-AIDS,” kata Karma.

Merurut Karma, KPA di kabupaten/kota memilik peran, tugas dan fungsi yang sangat beragam dalam menangani HIV-AIDS, sehingga di harapkan kepada kabupaten-kabupaten di provinsi Papua yang hingga saat ini belum membentuk KPA agar segera membentuk KPA sehingga biasa dapt melaksanakan tugsa dan fungsi dalam memberikan pencerahan, pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya HIV-AIDS.

“Bagaimana kita mau menekan HIV-AIDS di Yalimo atau di kabupaten lain jika kita tidak memilik alat, atau lembaga organisasi yang menagani masalah HIV-AIDS, oleh karena itu saya sangat mengharapkan agar lembaga KPA perlu di bentuk secara dini, di setiap kabupaten atau kota di papua guna menekan lajunya angka HIV-AIDS. lembaga ini merupakan lembaga kemanusiaan yang berkerja demi banyak orang, sehingga sangat penting untuk KPA di bentuk,”pintahnya.

Pada kesempatan ini karma melantik KPA kab. Yalimo dengan pengurus Ketua KPA Bupati Yalimo, ER Dabi, S.Sos, Ketua Harian, Wakil Bupati Yalimo, Arkelaus Asso, S.Sos dan Sekertais Kepala Dinas Kesehatan, Yunus Sambon serta struktur badan kelengkapan lainnya.(ben/nan)

Sumber: http://www.cenderawasihpos.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5833