Meningkat Kasus AIDS di Tasikmalaya
Tanggal: Wednesday, 25 January 2012
Topik: Narkoba


TubasMedia.Com, 20 Januari 2012

TASIKMALAYA – Kepala Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit (P2P) di Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Deden Hamdani mengungkapkan sebanyak 21 kasus HIV/AIDS ditemukan di Kabupaten Tasikmalaya sepanjang tahun 2011.

Angka tersebut menunjukkan peningkatan cukup tinggi jika dibandingkan tahun lalu yang hanya tiga orang. Dengan demikian total kasus HIV/AIDS di Kabupaten Tasikmalaya sejak tahun 2006 sebanyak 76 kasus. Dari jumlah itu 17 penderita meninggal dunia.

Dari 21 kasus tersebut mayoritas menyerang kaum laki-laki sebanyak 12 orang, sisanya merupakan perempuan di antaranya enam orang balita. Sementara di tinjau dari usia, kelompok usia penderita mayoritas merupakan usia produktif yakni 19-29 tahun.

Penularan HIV/AIDS di Kabupaten Tasikmalaya umumnya akibat penggunaan jarum suntik, sementara akibat aktivitas seksual tercatat hanya dua orang. “Dan dalam penularannya terjadi perubahan, yakni tidak hanya menyerang kelompok resiko rendah seperti ibu rumah tangga , “ kata Deden.

Untuk mengetahui apakah terkena penyakit HIV/AIDS atau tidak, masyarakat bisa datang ke Poluntary Consulting & Testing (PCT) di Puskesmas Manonjaya, Singaparna, Tenawati dan Ciawi. “Masyarakat dapat melakukan konsultasi dan mengecek kesehatan secara gratis dan kerahasiaan di jamin,” katanya. (dadang)

Sumber: http://www.tubasmedia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5836