Pemilik Café Sinam Diambil Sampel Darah
Tanggal: Wednesday, 25 January 2012
Topik: Narkoba


Pontianak Post, 20 Januari 2012

PEMANGKAT — Guna mendeteksi dini sekaligus pencegahan penularan HIV/AIDS, Mobile VCT (voluntary counseling and testing) Gunung Gajah Pemangkat melakukan penyuluhan, tebar kondom, dan pengambilan sampel darah bagi pekerja dan pemilik café pantai Sinam Pemangkat kemarin.“Ini merupakan agenda rutin VCT Gunung Gajah Pemangkat, dalam upaya kita memberikan pemahaman kepada warga tentang HIV/AIDS, guna mencegah penyebaran penyakit HIV/AIDS,” ungkap Konselor VCT Gunung Gajah Pemangkat, Molyadi kepada koran ini.

Mobile VCT ini, kata dia, efektif karena sistem jemput bola, tidak hanya di Pemangkat. Mobile VCT ini juga dilakukan pihaknya di lingkup wilayah kerja VCT Gunung Gajah, seperti Selakau, Jawai dan Sebedang, dan kecamatan lainya. Sasaran prioritas VCT Mobile ini adalah kelompok berisiko, namun juga target penyuluhan seperti pekerja dan pemilik kafe dan pengunjung pantai Sinam Pemangkat. Sebagai agenda rutin mobile VCT bentuk nyata upaya peningkatan pencegahan dan penyebaran penyakit infeksi menular seksual (IMS) dan AIDS yang ditularkan virus yang dinamakan HIV.

Dalam mobile VCT ini, selain tenaga medis, pihaknya juga melibatkan koordinator Forum Pantura Peduli AIDS (FP2A) yang diketuai Delip Khan, dan penjangkau Lapangan Isa Anshari, serta Koordinator Forum Peduli AIDS Pemangkat Kota H Azwar Haidir.Menurut salah satu pemilik café, Darwin, pihaknya rutin dilakukan pengecekan oleh VCT Gunung Gajah, mendata dan mengambil sampel darah. Ia mengatakan ini bentuk dukungan pemilik café terhadap program pemerintah dalam upaya mencegah dan penyebaran penyakit yang belum ada obatnya ini. “Kita sudah rutin, dan kami sangat mendukung program ini,” katanya. (har)

Sumber: http://www.pontianakpost.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5837