Lima Program Jateng Masuk Nominasi
Tanggal: Wednesday, 25 January 2012
Topik: Narkoba


Suaramerdeka.com, 20 Januari 2012

SEMARANG - Lima program unggulan Jateng masuk nominasi dalam ajang Indonesia Millennium Development Goal (MDG) 2011. Program yang bertujuan menggugah tindakan nyata pembangunan, pembuktian implementasi, dan keberhasilan pencapaiannya ini telah diluncurkan tanggal 12 Oktober 2011. Hingga kini, tahapan kegiatannya telah memasuki penjurian, sedangkan pengumuman dan penganugerahan pemenang rencananya dilaksanakan di Balai Kartini Jakarta dan disiarkan salah satu stasiun televisi swasta, Rabu (1/2).

Direktur Pelestarian Adat Istiadat dan Sosial Budaya Masyarakat, Ditjen Pembangunan Masyarakat Desa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr Ir Sapto Supono MSi menyatakan, kelima program unggulan yang masuk nominasi ini berasal dari lima daerah berbeda, yakni Kota Semarang, Wonosobo, Salatiga, Kota Pekalongan, dan Banjarnegara. Program unggulan Kota Semarang yang lolos tahap penilaian awal adalah Kampung Total Jamban Keluarga (Katajaga) dengan inisiator dosen Undip Semarang, dr Budi Laksono MHSc.

Menurut dia, inti program ini menciptakan pilot percontohan jambanisasi bagi pembangunan secara nasional, di mana penerima manfaat ada 800 kepala keluarga dengan jumlah penduduk 6 ribu orang. Keterwakilan Wonosobo di bidang sanitasi lingkungan, Salatiga pada sosialisasi HIV/ AIDS pada pelaksanaan masa orientasi siswa SMP dan SMU. Kota Pekalongan masuk nominasi pada program pencegahan dan penanggulangan HIV/ AIDS, Banjarnegara untuk pemberian makanan tambahan.

"Penghargaan ini untuk mendorong partisipasi masyarakat supaya terlibat langsung dalam percepatan target MDGs," kata Sapto saat menemui wartawan di Hotel Santika Premiere Semarang, Jumat (20/1). MDG Award ini melibatkan 11 juri yang terkait erat dengan upaya MDGs dan berkompeten di bidangnya. Konsep penjurian pada penghargaan ini mencakup empat kategori umum, yakni nutrisi, akses air minum layak dan sanitasi dasar, kesehatan ibu dan anak, serta HIV/ AIDS.

Sementara itu, Perwakilan Kantor Utusan Khusus Presiden untuk MDGs Abdul Mufti menyatakan, pemenang nantinya akan mendapatkan tropi yang diagendakan bakal diserahkan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pihaknya bersama perwakilan Kemendagri telah turun ke lapangan untuk melihat langsung pelaksanaan program yang dinominasikan tersebut.

Sebelumnya, ada 226 partisipan yang mendaftarkan program suksesnya untuk berkompetisi dalam ajang ini. Namun, juri akhirnya memilih 68 partisipan yang masuk nominasi. Dari jumlah partisipan itu, 23 di antaranya kabupaten/ kota, 18 sektor swasta, 16 LSM, dan 11 organisasi pemuda.

Sumber: http://suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5838