Pengidap HIV Cenderung Naik
Tanggal: Wednesday, 25 January 2012
Topik: HIV/AIDS


Jambi Independent, 21 Januari 2012

KUALATUNGKAL - KEPALA Bidang (Kabid) P2PL, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabbar Dwikora mengungkapkan, dari data yang ada, tercatat terjadi penambahan jumlah pengidap terjangkitnya virus Human immunodeficiency virus (HIV). Kata dia, hingga akhir Desember 2011 lalu, tercatat ada tiga orang.

Menurutnya, dengan bertambahnya jumlah pengidap HIV/AIDS terhitung sejak 2002 yang kini jumlahnya menjadi 33 orang, dari sebelumnya berjumlah 30 orang. Dikatakan Dwikora, bertambahnya tiga orang pengidap HIV itu, tercatat satu orang berasal dari Provinsi Riau, dan satu orang lagi merupakan Waria, warga Kecamatan Tungkal ilir. Sedangkan yang ketiga, merupakan pekerja seks tidak langsung.

“Tiga orang tersebut kini sedang dalam masa pengobatan retroviral therapy, yang fungsinya untuk menahan tumbuh kembang biak virus HIV,” kata Dwikora, baru-baru ini. Dwikora menyebutkan, terhitung sejak 2002 dari data yang ada menunjukan grafik rata-rata warga per tahunnya sebanyak dua hingga tiga orang. Namun di tahun 2008 merupakan puncak tertinggi tertularnya virus HIV, dengan jumlah enam orang.

“Terhitung sejak 2002 yang terjangkit HIV itu hingga memasuki 2008 hanya berjumlah 13 orang. Tapi di tahun 2008 dengan adanya penambahan enam orang yang terjangkit virus HIV jumlahnya membengkak menjadi 19 orang. Dan setelah itu, jumlah yang terjangkit HIV cenderung meningkat hingga mencapai 33 orang di 2011 ini,” paparnya.

Ironisnya, dari 30 orang yang terserang virus HIV/AIDS, hanya sembilan orang yang kini masih dalam proses rehabilitasi. Sementara selebihnya, selain meninggal dunia, tidak diketahui lagi keberadaannya.

“Rata-rata yang terjangkit khususnya melalui hubungan seksual. Karena itu, kami hanya bisa mengimbau agar masyarakat lebih waspada dalam melakukan hubungan intim. Baik itu dengan pasangan yang sah, maupun menggunakan kondom pengaman bagi pria,” imbuhnya. Sementara untuk tahun 2012, masih dalam proses pendataan. (*)

Sumber: http://www.jambi-independent.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5840