Kasus HIV/AIDS Di Jayapura Juga Didominasi Pelajar
Tanggal: Wednesday, 25 January 2012
Topik: HIV/AIDS


KPA akan semakin gencar melakukan sosialisasi di sekolah dasar hingga perguruan tinggi di kabupaten ini.

Jaringnews.com, 22 Januari 2012

SENTANI - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Jayapura mengungkapkan temuan baru terkait kasus HIV/AIDS. Dari 796 orang yang terinfeksi HIV/AIDS, 54 diantaranya berasal dari kalangan pelajar atau mahasiswa di kabupaten ini.

Sekretaris KPA Kabupaten Jayapura, Purnomo memprediksi angka ini akan terus bertambah, mengingat kurangnya kesadaran untuk melakukan pemeriksaan rutin. Padahal, lanjutnya, pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait penyakit ini berikut dampak dan cara penganggulangannya.

"Di kabupaten Jayapura, penyebaran HIV/AIDS sudah seperti gunung es, yang kelihatan sedikit, yang belum terdeteksi jumlahnya lebih besar," ujarnya di Sentani, Minggu (22/1).

Dia memaparkan, dari 796 kasus yang ada--dengan rincian penyakit HIV 335 kasus dan AIDS 461 kasus--di kabupaten ini, 330 kasus diidap oleh laki-laki (41,5 persen), sementara sisanya, yakni 446 kasus (58,1) persen, diderita oleh perempuan. Adapun jumlah ini berdasarkan data hingga bulan November tahun 2011.

Sementara itu, dilihat dari latar belakang pekerjaan, jika 54 kasus dialami oleh pelajar dan mahasiswa, 235 penderita penyakit ini bekerja sebagai ibu rumah tangga, pekerja seks komersil berjumlah 102 kasus, buruh dan petani ada 94 kasus, pekerja swasta 80 kasus, TNI 10 kasus, Polri enam kasus, pegawai negeri sipil 46 kasus, pekerja seks lima kasus dan empat kasus dialami orang yang berasal dari kalangan agama.

Cukup tingginya angka pengidap HIV/AIDS dari kalangan pelajar dan mahasiswa ini membuat KPA miris. Purnomo mengatakan, pihaknya akan semakin gencar melakukan sosialisasi di sekolah dasar hingga perguruan tinggi di kabupaten ini.

"Ini kami lakukan agar mereka bisa menjaga diri. Bagi yang sudah terinfeksi, mereka melakukan perawatan dengan baik dan tidak melakukan seks bebas. Meski menuntut ilmu, masa depan mereka tetap suram," pungkasnya.

Sumber: http://jaringnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5843