Kondom Efektif Cegah Penyebaran HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 26 January 2012
Topik: HIV/AIDS


okezone.com, 25 Januari 2012

DARI data Riset Kesehatan Dasar, penyebaran HIV/AIDS di Indonesia pada 2011 mengalami peningkatan sebanyak 15 kali dari 2002. Padahal, langkah pencegahannya sudah ada sejak dulu dengan pemakaian kondom.

Selain mencegah kehamilan yang tak diinginkan, fungsi kondom dapat mencegah penularan infeksi HIV/AIDS yang dapat menular melalui tiga jenis cairan. Yakni sperma, cairan Miss V, dan darah.

Sayang, tidak sedikit masyarakat yang mengaku tidak tahu dan enggan menggunakan kondom. Mereka juga kerap memertahankan persepsi yang salah jika menyangkut penggunaan kondom di rumah, menurut Prof Dr dr Azrul Azwar, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

“Kondom merupakan cara paling efektif untuk mencegah penularan HIV/AIDS. Tapi, bukan dikenakan saat bercinta dengan istri di rumah, melainkan saat ‘jajan’ di luar. Masih banyak persepsi yang salah dan perlu dibenahi mengenai kondom,” sahutnya pada seminar “Getting To Zero 2015: Melindungi Keluarga dan Perempuan Indonesia dari Infeksi HIV/AIDS, Sanggupkah?” di Candi Singasari, Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Selain penggunaan kondom, katanya, pengetahuan masyarakat mengenai penyebaran infeksi HIV/AIDS perlu digenjot melalui penyadaran pentingnya setia dengan pasangan.

“Pencegahan lainnya ialah selalu menerapkan seks monogami (setia dengan satu pasangan), pantang seks non-penetratif atau selalu menggunakan kondom, menggunakan alat suntik sekali pakai, serta menggunakan darah dan produk darah yang tidak terinfeksi alias HIV negatif,” tutupnya. (tty)

Sumber: http://health.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5859