Pengusaha 'Nakal' Penyebar HIV/AIDS Tertinggi di Indonesia
Tanggal: Thursday, 26 January 2012
Topik: HIV/AIDS


okezone.com, 25 Januari 2012

HIV/AIDS bisa dialami oleh siapa saja, khususnya wanita dan anak-anak. Lantas, siapakah yang berperan besar menularkan penyakit mematikan ini?

Infeksi HIV/AIDS telah menjadi public health issue, dan kaum wanita serta anak perlu dilindungi dengan komunikasi, edukasi, informasi yang benar dan tepat.

“Berdasarkan data pekerjaan Kementerian Kesehatan pada 2007-2011, tingkat penyebar HIV/AIDS tertinggi ialah wirausahawan alias pengusaha ‘nakal’,” kata Baby Jim Aditya M Psi MCH CHt, aktivis untuk AIDS pada seminar bertema “Getting To Zero 2015: Melindungi Keluarga dan Perempuan Indonesia dari Infeksi HIV/AIDS, Sanggupkah?” di Candi Singasari, hotel Sahid, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Lebih lanjut Baby menjelaskan, hal ini karena pengusaha yang “nakal” umumnya berkantong tebal dan selalu berpindah-pindah tempat. Sebab, konsep paling mendasar penyebar HIV/AIDS ialah 3M; Men, Money, dan Mobile (pria yang memiliki uang dan sering berpindah-pindah).

“Bayangkan, dalam waktu sepekan bisa jadi ia harus pergi ke tiga kota untuk membeli barang. Dan karena memiliki uang, ia sanggup ‘jajan’,” tambah ketua Partisan (Partisipasi Kemanusiaan) Club ini.

Cukup lama meneliti aktivitas seks supir truk Pantura, Baby menyamakan mereka dengan perilaku para pengusaha “nakal”.

“Mereka rata-rata memiliki dua istri di kota berbeda. Parahnya, setiap pulang ke rumah minta dilayani tanpa memakai kondom – jelas membuat istrinya ikut tertular,” sahutnya menutup percakapan. (tty)

Sumber: http://health.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5861