ODHA Sangat Butuh Dukungan Keluarga
Tanggal: Thursday, 26 January 2012
Topik: Narkoba


okezone.com, 25 Januari 2012

TAK sedikit orang mengucilkan orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Maka untuk bisa menghadapi lingkungan sosialnya, ODHA sangat memerlukan dukungan keluarga.

Setidaknya begitu menurut salah satu ODHA asuhan aktivis AIDS, Baby Jim Aditya. Adalah Mirza Revilia (33), ibu satu anak yang sudah melalui 10 tahun hidupnya menjadi ODHA.

Mirza yang mengaku masih perawan saat menikah, justru ditulari infeksi mematikan itu oleh almarhum suaminya sendiri. Tepat 40 hari sejak kelahiran sang buah hati yang ia rahasiakan namanya, putrinya (4) juga ternyata positif tertular. Beruntung, ia memiliki keluarga yang cukup supportive.

“ODHA sangat memerlukan dukungan keluarga. Sebab tanpa dukungan keluarga, ODHA tidak akan mau keluar dari penyakitnya,” sahut Mirza pada seminar bertema “Getting To Zero 2015: Melindungi Keluarga dan Perempuan Indonesia dari Infeksi HIV/AIDS, Sanggupkah?” di Candi Singasari, Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Meski sempat menerima perlakuan diskriminasi dari tetangga, Mirza tak ingin menanggapinya secara berlebihan.

“Tetangga saya menyuruh anaknya yang bermain dengan anak saya untuk membawa gelas sendiri kalau ingin minum. Meski sakit hati, tidak apa-apa karena kebanyakan dari mereka belum dan tidak tahu bagaimana menghadapi ODHA,” jelasnya.

Konsistensi konsumsi tiga jenis obat yang harus diminumnya tiap 12 jam sekali, tak mampu menghambat semangat Mirza untuk membantu ODHA lain. Ia bahkan mengaku tak ingin dikasihani.

“Sekarang saya bekerja sebagai staff di Partisan (Partisipasi Kemanusiaan) Club. Saya ditempatkan di Rutan Cipinang untuk mendata ODHA anak yang yatim piatu dan diasuh oleh keluarganya,” tutup Mirza sambil tersenyum ramah. (tty)

Sumber: http://health.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5862