Tiga Warga Bangka Selatan Positif AIDS
Tanggal: Monday, 30 January 2012
Topik: Narkoba


Media Indonesia, 27 Januari 2012

TOBOALI: Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, pada 2011 menemukan tiga warga masyarakat yang terjangkit acquired immune deficiency syndrome (AIDS).

"Orang yang terjangkit AIDS tersebut sudah kami lakukan perujukan ke Rumah Sakit Umum Depati Amir Pangkalpinang untuk mendapatan penanganan lebih lanjut," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Selatan H Sopian, Jumat (27/1).

Ia menjelaskan Dinas Kesehatan melakukan kerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) untuk melakukan survei dan menanggulangi penyebaran virus yang berbahaya tersebut. Pemerintah hanya bisa melakukan pemeriksaan di lima tempat prostitusi atau warung remang-remang yang berisi tempat prostitusi untuk melakukan pemeriksaan secara berkala.

Penanggulangan yang paling utama adalah melakukan pemerikasaan seluruh masyarakat yang berada di lingkungan tempat prostitusi, karena penyebaran penyakit tersebut paling dominan melalui hubungan seks.

Sementara itu, untuk pemeriksaan di lingkungan masyarakat pemerintah tidak bisa mendeteksi karena banyak masyarakat yang tidak mau diperiksa terkait dengan penyakit tersebut karena malu diketahui masyakat luas.

Akan tetapi, pemerintah meminta kesadaran masarakat yang merasa terkena virus tersebut untuk melapor ke Dinas Kesehatan agar mendapat penanganan medis secara cepat sehingga memperkecil penyebaran virus tersebut.

"AIDS merupakan sekumpulan gejala dan infeksi atau sindrom yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya," ujarnya.

Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, penyakit ini belum bisa disembuhkan. (Ant/OL-10)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5878