KABUPATEN TEGAL Ratusan Kantong Darah PMI Terjangkit Virus Hepatitis
Tanggal: Monday, 30 January 2012
Topik: Narkoba


Suara Karya, 27 Januari 2012

SLAWI: Ratusan kantong darah milik Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kabupaten Tegal terjangkit virus hepatitis B dan C. Ada pula darah hasil pendonoran yang di dalamnya terdapat virus penyakit kelamin, yakni sifilis dan HIV-AIDS.

Temuan tersebut diketahui setelah diadakan pengecekan oleh petugas PMI. "Kerusakan darah bukan karena kedaluwarsa, melainkan karena darah sudah terjangkit oleh pendonor," kata Kepala Unit Donor Darah (UDD) dr Sumaryati Trio Restu Aji kemarin.

Menurutnya, setiap tahunnya sekitar 6.000 kantong darah didapat oleh UDD dari pendonor sukarela, baik dari pelajar, pegawai, dan PNS maupun donor pengganti dari keluarga pasien yang membutuhkan darah.

Jumlah pendonor darah yang saat ini terdata di UDD Kabupaten Tegal sekitar 1.000 pendonor sukarela. Jumlah itu belum dihitung pendonor dari keluarga pasien. "Darah dari pendonor ini kami kumpulkan sebagai stok jika ada warga yang membutuhkan," katanya.

Kebutuhan darah setiap harinya, menurut Trio, berkisar 70 hingga 80 kantong. Jumlah itu hingga saat ini masih bisa dipenuhi oleh UDD. "Biaya administrasi bagi warga yang membutuhkan darah, satu kantongnya Rp 250 ribu. Anggaran tersebut sesuai dengan SK Dinkes Jateng Nomor: 468/ 4621/5.2 Tanggal 1 September 2009 tentang besaran biaya pengganti satu kantong darah," ujar Trio.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal, Teguh Sudiro, mengaku terkejut atas temuan tersebut. "Lho, kok sampai ada seperti itu," katanya.

Anggota Fraksi Partai Golkar itu meminta PMI untuk lebih jeli dalam memeriksa pendonor darah. Pasalnya, jika tidak jeli, akan merugikan warga atau pasien yang membutuhkan darah. "Harus selektif dalam menerima pendonor, jangan asal terima," ujar Teguh.

Sebelum melakukan pendonoran, Teguh meminta pihak PMI melakukan cek kesehatan terhadap pendonor.

Hal itu penting dilakukan agar darah yang diterima benar-benar darah yang sehat dan terbebas dari penyakit. (*/Tri Wahyuni)

Sumber: http://www.suarakarya-online.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5881