Sabet Indonesia MDGs Awards
Tanggal: Monday, 30 January 2012
Topik: Narkoba


Padang Ekspres, 28 Januari 2012

Payakumbuh — Kantor Urusan Khusus Presiden Republik Indonesia memastikan Kota Payakumbuh, Provinsi Sumbar, sebagai peraih Indonesia Millennium Development Goals Awards 2011 kategori akses ke air minum layak dan sanitasi dasar. Penghargaan itu akan diserahkan Presiden SBY di Jakarta, Rabu (1/2).

Asisten Utusan Khusus Presiden Diah S Saminarsih mengatakan, Indonesia Millennium Development Goals Awards 2011 merupakan apresiasi kepada para pemangku kepentingan dan pelaku pembangunan yang telah mendorong percepatan pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) di Tanah Air.

Seperti diketahui, sejak September 2009, 189 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa menyepakati 8 butir tujuan pembangunan untuk tahun 2015.

Yakni, memberantas kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan untuk semua, dan menurunkan angka kematian anak. Kemudian, mendorong kesetaraan jender dan pemberdayaan perempuan, memastikan kelestarian lingkungan hidup, meningkatkan kesehatan ibu, mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan serta memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya.

Sebelas tahun sejak deklarasi MDGs itu didengungkan di New York Amerika Serikat, pencapaian MDGs di Indonesia menunjukkan kemajuan yang belum merata. Ada target-target tertentu yang telah dicapai, tetapi ada beberapa target lain yang mungkin tidak akan tercapai.

tanpa terobosan dan kerja keras berskala nasional. Untuk mempercepat pencapaian itu, Kantor Urusan Khusus Presiden Republik Indonesia, menggelar Indonesia Millennium Development Goals Awards. ”Penghargaan ini juga bertujuan untuk sistem insentif dan disinsentif berkesinambungan yang dapat menjadi katalis bagi upaya percepatan pencapaian MDGs,” kata Diah S Saminarsih.

Diah mengatakan, Indonesia MDG’s Awards 2011, diikuti 75 kabupaten/kota, 28 sektor swasta, 31 LSM dan 20 organisasi pemuda. Ada empat kategori penghargaan yang diberikan buat peserta, yakni nutrisi, kesehatan ibu dan anak, akses ke air minum layak dan sanitasi dasar, serta HIV/AIDS dan penyakit menular.

Dewan juri Mendagri Gamawan Fauzi, Wamentan Rusman Heriawan, Dirjen PPPL Yoga Aditama, Ketua YPID Erna Witoelar, Redaktur Kompas Ninok Leksono, Direktur WFP Coco Ushiyama, Direktur Metro TV Suryopratomo, Sekretaris KPAN Nafsiah Mboi, Kepala Lembaga Demografi UI Sonny Harry B Harmadi, Fasli Jalal dan Nila Djuwita F Moeloek, sudah melakukan penilaian.

Hasil penilaian dewan juri, Kota Payakumbuh dipastikan meraih Indonesia MDGs Awards 2011 bidang akses ke air minum layak dan sanitasi dasar. Payakumbuh sudah bisa mengaliri air bersih untuk 93,7 persen wilayahnya, sementara target air bersih perkotaan dalam MDGs 2015 baru 80 persen. ”Payakumbuh juga sudah lama memiliki Zona Air Minum Prima atau kawasan di mana air PDAM, sudah bisa langsung diminum.

Kemudian, kita bersama DPRD sejak 7 tahun terakhir, komi membuat anggaran untuk sanitasi yang melebihi anggaran WHO,” ujar Wali Kota Payakumbuh Josrizal Zain ketika dihubungi Padang Ekspres, tadi malam.

Josrizal yang diundang Kantor Urusan Khusus Presiden untuk menjadi pembicara seminar Inspiratif MDGs Awars Senin (31/1) lusa mengatakan, Payakumbuh juga serius mengurus sanitasi dan limbah. Untuk sanitasi dasar, warga sudah menyadari pentingnya WC pada setiap rumah tangga.

”Kebiasaan buang air besar di pinggir sungai serta di semak-semak belukar, sudah tak ada lagi. Di sejumlah kelurahan, warga sudah membangun MCK plus-plus dengan membuat septic tank komunal yang bisa mendatangkan bio gas. Pelajar sudah mengolah sampah basah menjadi pupuk organik,” ujar Ketua Partai Demokrat Sumbar ini.(frv)

Sumber: http://padangekspres.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5888