Sebulan Terungkap 10 Kasus AIDS di Temanggung
Tanggal: Thursday, 02 February 2012
Topik: Narkoba


Suaramerdeka.com, 01 Februari 2012

TEMANGGUNG - Dalam kurun waktu relatif singkat, yakni sebulan, pada Desember 2011 lalu, terungkap 10 kasus HIV/AIDS terjadi di Kabupaten Temanggung. Kemudian, selama Januari 2012, ditemukan lagi tiga kasus HIV/AIDS terjadi pada warga kabupaten setempat, dan sejak tahun 1997 sampai dengan sekarang tercatat telah ada 175 warga yang menderita penyakit mematikan tersebut.

Pengelola Data Komisi Perlindungan AIDS (KPA) Kabupaten Temanggung, Agus Anang B, di kantornya, kemarin, mengatakan, 10 kasus terungkap dalam kurun waktu sebulan itu tergolong cukup banyak. Karena sebelumnya, sangat jarang terjadi, hanya dalam kurun waktu sekitar sebulan terungkap adanya kasus HIV/AIDS sebanyak itu.

"Pendapat bahwa penderita HIV/AIDS selama ini seperti gunung es, yakni yang tampak hanya sedikit di permukaan namun sebetulnya banyak di dalamnya, kelihatannya tidak salah. Sebab, seiring dengan berjalannya waktu, ternyata kian banyak kasus-kasus yang terungkap," ujarnya, Rabu (1/2).

Dikatakannya, 10 orang penderita HIV/AIDS yang terungkap pada Desember 2011, dan tiga orang pada Januari tahun ini tersebut, terdiri atas laki-laki dan perempuan, serta berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi. Di samping itu, usia mereka juga bervariasi, ada yang merupakan orang tua atau dewasa, namun terdapat pula anak-anak, bahkan usia di bawah lima tahun (balita).

"Mereka diketahui menderita HIV/AIDS, ketika berobat di rumah sakit di Parakan dan Temanggung, yakni setelah dilakukan pemeriksaan sekaligus pengecekan darahnya," tambah dia.

Anak Balita

Sebagaimana data KPA Kabupaten Temanggung, jumlah penderita HIV/AIDS, yang ditemukan selama setahun pada 2011 jumlahnya mencapai 33 orang, atau setiap bulan rata-rata ditemukan satu orang (kasus) lebih. Sedangkan total jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Temanggung sampai dengan akhir 2011 lalu, sebanyak 172 orang.

"Ditambah dengan terungkapnya tiga orang atau kasus pada Januari 2012 ini, maka total penderita HIV/AIDS hingga akhir Januari 2012 adalah 175 orang atau kasus," tandasnya.

Dari jumlah tersebut, enam orang diantaranya adalah anak balita. Kemudian penderita yang telah meninggal dunia tercatat sebanyak 82 orang, termasuk seorang balita. Sejumlah orang dewasa dan seorang bayi penderita HIV/AIDS meninggal dunia pada Januari lalu. Selain itu, ada pula seorang balita penderita yang sejak Januari lalu menjalani perawatan di RSUD Temanggung.

Sumber: http://suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5914