555 Orang di Jateng Meninggal Akibat HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 02 February 2012
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 01 Februari 2012

SEMARANG - Sebanyak 555 orang penduduk Jateng meninggal dunia akibat terkena Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS). Peristiwa itu terjadi sejak tahun 2006-2011, sedangkan kasus HIV/AIDS sesuai data pakar dan LSM pegiat penuntasan penyakit itu mencapai sekitar 10 ribu. Namun, berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, kasus tersebut mencapai 4.299.

Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen Adv menyatakan, kasus HIV/ AIDS yang semakin mengkhawatirkan ini perlu mendapatkan perhatian serius karena sudah menelan 555 orang korban jiwa. Data pemerintah menunjukan lebih sedikit kasus, ini karena penderita belum teridentifikasi penuh.

"Data Dinas Kesehatan ini baru 39,75 persennya, penderita terkadang malu dan enggan terbuka sehingga ini menghambat dalam pendataan pemerintah," kata politisi PKB tersebut.

Menurut dia, dari 4.299 kasus, Dinkes mencatat ada 2.400 penderita HIV, dan sisanya mengidap AIDS. Sebagian besar penderita ini berjenis kelamin laki-laki, sedangkan risiko penularan paling banyak adalah heteroseksual atau bergonta-ganti pasangan.

Rencananya, komisi E akan mengundang Dinkes Jateng, akademisi, pakar, LSM pegiat HIV/ AIDS untuk melakukan rapat dengar pendapat guna mencari solusi penyelesaian masalah ini.

Sumber: http://suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5915