16 Kota di Indonesia Raih MDGs Award
Tanggal: Thursday, 02 February 2012
Topik: Narkoba


okezone.com, 02 Februari 2012

JAKARTA - Indonesia MDGs Awards diselenggarakan untuk memberi apresiasi kepada para pemangku kepentingan dan pelaku pembangunan yang telah menghasilkan prestasi terbaik dalam upaya mendorong percepatan pencapaian MDGs di Indonesia.

Dari 600 Kabupaten/ Kota di seluruh Indonesia, hanya 132 Kabupaten/ Kota saja yang mengikuti ajang ini. Dari 132 Kota terpilih 16 juara dengan empat kategori penghargaan, yaitu Nutrisi, Kesehatan Ibu dan Anak, Akses pada air minum layak dan sanitasi dasar, dan HIV/AIDS dan penyakit menular lainnya.

Wakil Presiden RI Boediono mendorong setiap kota untuk melakukan terobosan inovatif dan bekerja lebih keras untuk mengangkat martabat bangsa.

“MDGs Award merupakan gerakan untuk mengangkat martabat bangsa, MDGs mencapai banyak kemajuan, tapi ini bukan waktunya untuk berpuas diri karena kita ketinggalan 3 sasaran yang perlu mendapat perhatian khusus dan kerja keras, yaitu penurunan angka kematian ibu dan anak, akses pada air minum layak dan sanitasi dasar, serta HIV/AIDS dan penyakit menular,” kata Boediono dalam rilis Pemerintah Kota Depok kepada okezone, Kamis (02/02/12).

Salah satu dari 16 Kota yang meraih penghargaan MDGs Award adalah Depok dengan kategori nutrisi. Wali kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan pada tahun 2006, sebetulnya masih banyak balita gizi buruk.

“Akhirnya menemukan sebuah program strategis untuk mengatasi gizi buruk di Kota Depok. Strategi tersebut antara lain Pusat Pemulihan Gizi, Positive Deviance/ Pos Gizi, dan Pemberian Makanan Tambahan. Dalam program tersebut berusaha untuk menyadarkan orangtua bahwa anaknya sedang sakit, memberi pengetahuan bahwa member makanan yang bergizi tidaklah sulit dan mahal, membentuk sarana atau pos tempat berkumpul para orang tua dan anak untuk diberikan penjelasan tentang gizi, Saat di rumah, sang ibu pun tetap bisa menjaga kondisi gizi dengan baik,“ jelas Nur Mahmudi.

(ful)

Sumber: http://news.okezone.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5917