Wapres: 3 Sasaran MDGs Perlu Perhatian Khusus
Tanggal: Thursday, 02 February 2012
Topik: Narkoba


Metrotvnews.com, 02 Februari 2012

Jakarta: Wakil Presiden Boediono mengatakan masih ada 3 sasaran Millennium Development Goals (MDGs) Indonesia yang masih jauh dari target, yaitu angka kematian ibu melahirkanm penanggulangan HIV/AIDS, dan penyediaan air minum bersih dan sanitasi dasar.

"Tiga sasaran itu menurut saya 'ketinggalan kereta' dan perlu perhatian khusus," kata Wapres saat memberikan sambutan dalam penyerahan penghargaan Indonesia Millennium Development Goals Awards (IMA) 2012 di Balai Kartini, Jakarta Pusat, Rabu (1/2) malam.

Wapres mengatakan sasaran pembangunan milenium merupakan gerakan global yang telah disepakati bersama berbagai negara. Sasaran pembangunan milenium menetapkan 2015 sebagai target pencapaian.

Pada tahun 2015 Indonesia diharapkan bisa memenuhi 8 sasaran, selain ke 4 kategori di atas. Boediono menjelaskan sasaran lain itu adalah memberantas kemiskinan, mencapai pendidikan, menurunkan angka kematian anak, peningkatan kesehatan ibu, dan kelestarian lingkungan hidup.

Indonesia Millennium Development Goals Awards (IMA) 2012 mengidentifikasi 16 inisiator dari sektor pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, pemuda, dan swasta serta 5 pelaku pembangunan terbaik di seluruh Indonesia. Mereka berhak menerima IMA Awards 2012.

Dari pemerintah, tiga kabupaten/kota terpilih sebagai pemenang dan berhak mendapat penghargaan IMA 2012. Tiga kabupaten itu, yakni Kabupaten Wonosobo, Pekalongan, dan Kabupaten Pasuruan.

Ketiga kabupaten/kota itu menyabet kategori Akses Pada Air Minum Layak dan Sanitasi Dasar, HIV AIDS dan Penyakit Menular Lainnya, dan Nutrisi.

IMA 2012 diberikan untuk Kabupaten Wonosobo melalui program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat, sedangkan untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan didapat melalui program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS. Ada pun Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan melombakan program Kibbla (Kesehatan Ibu Baru Lahir dan Anak Balita).(DSY)

Sumber: http://www.metrotvnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5918