Mayoritas Penderita HIV/AIDS di Tuban Eks TKI
Tanggal: Wednesday, 08 February 2012
Topik: HIV/AIDS


VIVAnews, 06 Februari 2012

Sebanyak 78 orang di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, positif terjangkit HIV/AIDS. Dari jumlah tersebut, sebanyak 28 orang meninggal dunia.

Yang menyedihkan, diantara penderita HIV/AIDRS yang tewas ada wanita hamil.

Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Tuban menyebutkan, data 78 orang penderita HIV/AIDS ini tercatat sejak 2009 hingga 2012.

Rinciannya, di tahun 2009 tercatat 20 orang penderita, dan yang meninggal dunia 12 orang. Pada 2010 tercatat 17 orang penderita baru dan meninggal dunia 7 orang. Pada tahun 2011 ada 38 orang penderita baru dan 8 orang meninggal dunia.

“Pada tahun 2012 ini hanya 3 orang yang terserang penyakit tersebut. Itu terhitung hingga sekarang, “ kata Kepala Dinas Kesehatan, Saiful Hadi saat berbincang dengan VIVAnews.com, Senin 6 Februari 2012.

Saiful menjelaskan, untuk penderita yang meninggal dunia saat hamil jika masih hidup saat ini usia kandungannya diperkirakan sembilan bulan. "Tapi pastinya bulan-bulan ini wanita itu akan melahirkan," ucapnya.

Ia menjelaskan, wanita itu berasal dari Tuban sebelah barat. Wanita malang ini tertular HIV/AIDS dari suaminya yang kesehariannya bekerja di salah satu lokalisasi di Surabaya.

Ironisnya, dari 78 penderita HIV/AIDS tersebut kebanyakan adalah mantan Tenaga Kerja Indonesia yang pernah bekerja di Malaysia dan negara lain. Penularannya, kata Saiful, karena hubungan seks dan tranfusi darah. Dan rata-rata usia mereka memasuki usia produktif.

Karena itu, dia berharap, masyarakat menyadari pentingnya mengantisipasi penularan HIV. Untuk mencegah terjadinya HIV/AIDS, dia menambahkan, masyarakat diminta rutin untuk memeriksakan diri ke tempat kesehatan terdekat.

“Ibu yang terserang penyakit tersebut (HIV) tidak diperbolehkan menyusui anaknya. Karena itu dapat menularkan kepada anaknya,” kata dia. (umi)

Sumber: http://nasional.vivanews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5942