Jamsostek Biayai Pengobatan HIV/AIDS
Tanggal: Wednesday, 08 February 2012
Topik: HIV/AIDS


TRIBUNNEWS.COM, 07 Februari 2012

BANDA ACEH - PT Jamsostek (Persero) akan menanggung biaya pengobatan peserta Jamsostek (termasuk keluarga) terhadap penyakit HIV/AIDS, dengan biaya maksimal sebesar Rp 10 juta pertahun. Tanggungan itu dikhususkan bagi peserta Jamsostek program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) dengan masa kepesertaan minimal satu tahun.

Hal itu disampaikan Kepala PT Jamsostek Cabang Banda Aceh, Irwan Ibrahim SE, kepada Serambi Senin (6/2/2012). Menurut Irwan, pemberian manfaat tambahan bagi anggota Jamsostek ini dilakukan atas dasar Keputusan Direksi PT Jamsostek (Persero) Nomor KEP/310/102011 tertanggal 31 Oktober 2011.

Tambahan fasilitas tersebut tidak berlaku bagi peserta Jamsostek dalam tiga program lainnya yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK).

Irwan mengatakan, manfaat tersebut sudah dapat digunakan oleh anggota Jamsostek sejak 1 Desember 2011. Biaya yang ditanggung mulai dari pemeriksaan awal terhadap kemungkinan terjangkit HIV/AIDS sampai pada pengobatannya. Kebijakan ini adalah bentuk partisipasi Jamsostek terhadap pencegahan HIV/AIDS sejak dini.

“Sebagaimana ketentuan berlaku dan karena ini menyangkut hal yang sensitif sekali, kami akan menjaga kerahasian indentitas mereka yang berobat. Jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya biaya pengobatan HIV/AIDS,” kata Irwan yang pernah bertugas selama dua tahun lebih sebagai Kepala Bidang Pemasaran Jamsostek Cabang Lhokseumawe.

Selain pengobatan terhadap penyakit HIV/AIDS, sambung Irwan, Jamsostek juga menanggung beberapa biaya pengobatan lainnya seperti operasi jantung. Biaya yang ditanggung mencapai Rp 80 juta pertahun.

Irwan menambahkan, di wilayah kerja Jamsostek Cabang Banda Aceh yang meliputi Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, dan Pidie Jaya, diperkirakan ada 11 ribu peserta Jamsostek (termasuk keluarga) yang dapat menikmati fasilitas tambahan tersebut.

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5948