HR Agung Laksono: Optimalkan Program Generasi Berencana
Tanggal: Thursday, 09 February 2012
Topik: Narkoba


PRLM, 08 Februari 2012

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat HR Agung Laksono meminta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengoptimalkan program Generasi Berencana. Program ini sangat bermanfaat bagi pembangunan kesejahteraan rakyat dan perlu disosialisasikan secara terus menerus.

“Utamanya kepada generasi muda kita, agar mereka dapat menyiapkan masa depan keluarganya dengan lebih baik,” ujarnya saat menyampaikan sambutan dan arahan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana 2012 yang berlangsung di Jakarta, Rabu (8/2). Hadir antara lain Kepala BKKBN Sugiri Syarief dan sejumlah pihak terkait.

Pada bagian lain, Agung mengingatkan, saat ini disadari masih terdapat tiga isu Tujuan Pembangunan Milenium atau Millennium Development Goals (MDGs) yang perlu dipercepat pencapaiannya, yaitu penurunan angka kematian ibu melahirkan, masih tingginya prevalensi HIV dan AIDS, dan perluasan akses penyediaan air minum dan air bersih di kota dan di desa.

Dijelaskan, apabila pada era 1970-an dan 1980-an dengan segala keterbatasan dana dan teknologi informasi, Indonesia mampu melaksanakan program KB dengan sukses dan diakui oleh dunia internasional. Bahkan, banyak negara sedang berkembang lainnya yang belajar tentang keberhasilan program KB di Indonesia.

“Namun, pada masa kini kita justeru menghadapi berbagai tantangan di era kemajuan teknologi informasi, walaupun dengan dukungan anggaran yang relatif lebih besar dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu,” katanya.

Agung berharap, kondisi tersebut agar segera dikaji dan dievaluasi oleh para ahli dan lembaga demografi, apabila ingin mengembalikan kejayaan program KB seperti masa-masa yang lalu. (A-94/A-26).***

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5958