Pemkab Temanggung Godok Perda HIV/AIDS
Tanggal: Friday, 10 February 2012
Topik: HIV/AIDS


REPUBLIKA.CO.ID, 09 Februari 2012

TEMANGGUNG -- Kasus HIV/Aids di Kabupaten Temanggung makin memprihatinkan. Hampir setiap bulan ditemukan kasus penyakit mematikan ini. Karena itu, Pemkab Temanggung melalui Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) setempat mengusulkan Perda HIV/AIDS.

‘’Melihat temuan kasus HIV/AIDS yang cukup memprihatinkan, kami perlu mengusulkan perda penanggulangan HIV/AIDS. Kami sudah membuat rancangannnya dan tinggal menunggu pembahasan DPRD,’’ ujar Edi Rahmatto, Wakil Sekretaris II Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Temanggung.

Perda tersebut nantinya akan mengoptimalkan upaya penanggulangan masalah HIV/AIDS secara komprehensif, integratif, partisipatif, dan berkesinambungan. Perda tersebut sekaligus memberi perlindungan dan pedoman penanggulangan dan penanganan HIV/AIDS.

Perlindungan serta pedoman tersebut nantinya tertuang dalam sebuah peraturan. Yaitu, peraturan terkait peran dan tanggung jawab antara pemerintah, swasta, masyarakat, odha, ormas, dan lembaga swadaya masyarakat.

''Setiap komponen nantinya memiliki tugas dan tanggung jawab dalam langkah penanggulangan pencegahan, penanganan serta rehabilitasi pengidap HIV/AIDS,'' kata Edi.

Sumber: http://www.republika.co.id




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5963