Temanggung Berlakukan Perda Penanggulangan HIV/AIDS
Tanggal: Friday, 10 February 2012
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 10 Februari 2012

TEMANGGUNG: Pemkab Temanggung, Jawa Tengah membuat perda penanggulangan HIV/AIDS. Perda ini dibuat menyusul meningkatnya penderita penyakit mematikan tersebut.

"Kami sudah mengusulkan rancangan perdanya untuk pembahasan di DPRD Temanggung. Tujuannya untuk menanggulangi masalah HIV/AIDS," kata Wakil Sekretaris II Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Temanggung, dr Edi Rakhmatto, Kamis (9/2).

Ia berharap dengan diberlakukannya perda tersebut akan dapat mencegah dan mengurangi penularan HIV. Pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup orang dengan HIV/AIDS, dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat HIV/AIDS pada individu, keluarga dan masyarakat.

"Jadi bisa menanggulangi dan mengurangi permasalahan HIV/AIDS secara komprehensif, integratif, partisipatif, dan berkesinambungan," ujarnya.

Melalui perda tersebut nantinya semua pihak, seperti pemerintah, swasta, masyarakat, odha, ormas, dan lembaga swadaya masyarakat ikut berperan dan bertanggungjawab memberikan perlindungan dan pedoman penanggulangan HIV/AIDS.

"Sedangkan sumber pembiayaan kegiatan penanggulangan HIV/AIDS dari APBN, APBD provinsi, APBD kabupaten, anggaran pendapatan dan belanja desa, swadaya masyarakat, dan sumber lain yang sah dan tidak mengikat," kata Edi. (TS/OL-04)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5965