Sebagian Besar ODHA Tidak Komsumsi ARV
Tanggal: Monday, 13 February 2012
Topik: Narkoba


Cenderawasih Pos, 13 Februari 2012

SENTANI – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengungkapkan bahwa bahwa dari 800 lebih ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS) yang terdata petugas KPAD Kabupaten Jayapura, saat ini hanya sekitar 200 ODHA yang mengkomsumsi obat Antri Retro Viral (ARV). Artinya sebagian besar atau sekitar 70 % belum mengkomsumsi ARV.

“Dari pemantauan para ODHA di Kabupaten Jayapura,dimana ada sekitar 70 persen ODHA atau masyarakat yang tidak mengkonsumsi obat jenis ARV,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di ruang kerjanya, pekan kemarin.

Dikatakannya, rendahnya kesadaran ODHA untuk mengkonsumsi obat, disebabkan karena pemahaman ODHA tentang pentingnya obat ARV itu masih sangat rendah. Untuk itu lanjut dia dalam hal pemberian obat tersebut, petugas sebaiknya harus ada kerja sama dan kompromi yang baik dengan para pasiennya.

“Pemberi ARV sekarang kan masih di rumah sakit Yowari yang menjadi pusat pemberian ARV, untuk itu petugas perlu membangun kerja sama yang baik dengan pasiennya, bagaimana kontak dengan tempat pemberian dan bagaimana pelayanan dasar itu bisa diberi pemahaman-pemahaman agar dia bisa diberi ARV dan bisa menkomsumsi ARV secara baik,”terangnya.

Khairul Lie menambahkan untuk meningkatkan kesadaran ODHA dalam mengkonsumsi obat ARV, dimana dalam tahun 2012 ini Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura akan melakukan sosialisasi dan konseling kepada ODHA di setiap kampung yang ada di Kabupaten Jayapura. (ans/tri)

Sumber: http://www.cenderawasihpos.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5974