Penderita HIV/AIDS Minta Dibuatkan Perda
Tanggal: Tuesday, 14 February 2012
Topik: HIV/AIDS


Suaramerdeka.com, 13 Februari 2012

SALATIGA - Orang hidup dengan HIV/AIDS (ODHA) yang meminta Pemkot Salatiga dan DPRD untuk membuatkan Peraturan Daerah (Perda) tentang HIV/AIDS. Sebab dengan adanya payung hukum yang jelas, diharapkan bisa menekan dan mengantisipasi penyebaran virus mematikan itu.

Hal itu disampaikan Ketua Kelompok Orang yang Hidup dengan AIDS (Ohida) Salatiga, Andreas (45), saat memenui anggota Dewan di Gedung DPRD, Senin (13/2). Menurutnya, selama ini Pemkot Salatiga kurang serius dalam menangani kasus HIV/AIDS.

"Penanganan penyakit ini tidak bisa dilakukan secara konvensional. Penanganannya juga membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Sehingga dibutuhkan kepedulian dan dukungan dari semua pihak termasuk Pemkot Salatiga," katanya.

Dikatakan, dana penanganan HIV/AIDS selama ini sebagian besar dibiayai LSM dari luar negeri. Repotnya, jika LSM tersebut sudah tidak melakukan kegiatan di Indonesia, maka tidak ada sumber dana yang kuat untuk membiayai penanganan HIV/AIDS.

"Kami minta segera dibuatkan perda tentang HIV/AIDS dan dialokasikan anggaran yang cukup untuk penanganan penyakit ini," tuturnya.

Anggota Komisi I DPRD Kota Salatiga, Elysabeth Dwi Kurniasih mengatakan, penyusunan draf Perda saat ini memasuki tahap penyusunan naskah akademik. Pihaknya pun sudah mengumpulkan berbagai data pendukung dengan beberapa dinas terkait dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang selama ini bersinggungan dengan masalah HIV AIDS.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Sovie Harjanti membantah apabila selama ini pihaknya lepas tangan atau tidak serius dalam menangani masalah HIV AIDS di Kota Salatiga.

Menurutnya, DKK selalu memperjuangkan nasib para penderita, termasuk pula orang-orang yang hidup di sekitarnya. "Penanganan HIV AIDS merupakan komitmen global dan harus dilaksanakan di setiap daerah. Oleh karena itu DKK pun berkomitman hal itu," kata Sovie ditemui di kantor DKK.

Sumber: http://suaramerdeka.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5980