200 Kantong Darah PMI Riau Bervirus
Tanggal: Tuesday, 14 February 2012
Topik: Narkoba


Selama tahun 2011 lalu, sebanyak 200 kantong darah milik PMI dari hasil donor darah warga Riau bervirus. Darah-darah tersebut sudah dimusnahkan.

Riauterkini, 13 Februari 2012

PEKANBARU - Ketua Harian Palang Merah Indonesia (PMI) Riau, Hendro Ekwarso beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa hasil donor darah pada tahun 2011 lalu, ada 200 kantong darah yang bervirus. Virusnya cukup berbahaya. Termasuk virus HIV/AIDS.

Untuk itu, tambahnya, darah-darah tersebut sudah dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan dengan membakarnya. Tidakan pemusnahan tersebut dilakukan agar tidak membahayakan penerima donor (user).

Kata Hendro, darah yang disumbang oleh pendonor, tidak langsung diberikan kepada penguna darah. Namun dilakukan pengecekan terhadap kesehatan darah itu sendiri. Jika memang darah belum terlalu sehat seperti ada lemak darah atau kadar gula yang lebih, masi bisa di bersihkan. Tetapi jika dalam pengecekan ditemukan virus berbahaya seperti HIV/AIDS, Hepatitis atau virus berbahaya lainnya, maka darah disisihkan dan dimusnahkan.

"Darah yang didonorkan pendonor akan dibersihkan oleh alat bertehnologi maju yang mampu mendeteksi keberadaan virus berbahaya. Jika terdeteksi virus, maka darah-darah tersebut akan disisihkan dan dimusnahkan," terangnya. ***(H-we)

Sumber: http://www.riauterkini.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5981