HIV/AIDS Telan 291 Korban Jiwa di Maluku
Tanggal: Tuesday, 14 February 2012
Topik: HIV/AIDS


Media Indonesia, 14 Februari 2012

AMBON: Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Maluku mencatat, 291 orang di pengidap HIV/AIDS meninggal akibat penyakit yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh tersebut.

"Sejak pertama kali HIV ditemukan di Kota Tual, Maluku pada 1994 hingga 2011 diketahui sudah 291 orang meninggal karena AIDS," kata Sekretaris KPA Maluku Azis Sjamsuddin di Ambon, Senin (13/2).

Ia mengatakan, angka tersebut berasal dari data yang dikirim semua rumah sakit di daerah itu. "Kebanyakan dari pasien yang meninggal itu menutup diri sewaktu keadaannya masih HIV. Akibatnya mereka tidak tertangani oleh program pemerintah yang diperuntukan bagi penderita HIV, hingga menyebabkan virus dalam tubuh meningkat menjadi AIDS," katanya.

Dikatakan Sjamsuddin, mereka yang meninggal itu baru mau berobat ke rumah sakit setelah kondisinya AIDS dan menderita penyakit tertentu.

"Kalau sudah AIDS susah disembuhkan. Tapi ada juga penyakit yang bisa disembuhkan, tergantung ketahanan tubuh penderitanya. AIDS itu kan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga penyakit apa saja bisa mengancam nyawa penderitanya," kata Sjamsuddin.

Ia mengimbau agar para penderita yang selama ini menutup diri mau mendapat bimbingan dan menjalani pengobatan yang disediakan khusus bagi pasien HIV/AIDS atau kelompok yang berpotensi tertular virus itu, seperti Pekerja Seks Komersial (PSK), waria atau mereka yang bekerja di tempat-tempat hiburan malam.

Bimbingan dan pengobatan secara gratis itu bisa didapat di klinik Konseling dan Tes Sukarela atau Voluntary Counseling and Testing (VCT) yang ada di setiap puskesmas dan rumah sakit. (Ant/OL-04)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=5983