Nurhayati prihatin meningkatnya penderita HIV/AIDS
Tanggal: Thursday, 16 February 2012
Topik: HIV/AIDS


ANTARA News, 15 Februari 2012

Jakarta - Anggota DPR RI asal daerah pemilihan Kota Malang, Nurhayati Ali Assegaf prihatin dengan meningkatnya penderita Human Immunodeficiency Virus/Acquires Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Kota Malang, Jatim.

"Saya sedih dan prihatin dengan peningkatan penderita HIV/AIDS di kota Malang yang merupakan daerah pemilihan saya," kata Nurhayati kepada ANTARA News, Jakarta, Rabu.

Oleh karena itu, ia meminta kepada pemerintah Kota Malang untuk segera melakukan langkah-langkah pencegahan sehingga jumlah penderita HIV/AIDS di kota pelajar itu tidak bertambah.

"Pemerintah Kota Malang harus segera melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat akan bahaya penyakit tersebut. Pemerintah Kota Malang harus memberikan pendidikan dan menyadarkan masyarakat dengan berbagai cara sehingga penderita HIV/AIDS tidak bertambah," ungkap anggota Komisi I DPR RI itu.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk terbuka dan melaporkan kepada pemerintah setempat bila ada keluarga dan famili yang terkena penyakit HIV/AIDS.

"Masyarakat diminta kerjasamanya untuk melaporkan kepada instansi terkait. Masyakarat juga jangan pernah menganggap tabu lagi untuk melaporkan," pinta politisi Partai Demokrat itu. Nurhayati menyebutkan, penderita HIV/AIDS itu dikarenakan hubungan seks bebas dan menggunakan narkoba.

"Sebagai kota pelajar, pihak kampus juga diminta lebih aktif melakukan sosialisasi kepada mahasiswa dan berikan penjelasan sejelas-jelasnya akan bahaya HIV/AIDS, termasuk sex bebas dan narkoba bukan budaya Indonesia, bukan budaya timur. Kampus harus berikan nilai-nilai moral kepada mahasiswa," kata Nurhayati.

Jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Malang, Jawa Timur, tahun 2011 meningkat drastis, jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Bidang pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Nusindrati, Rabu, mengemukakan, selama kurun waktu 2011 jumlah penderita HIV/AIDS sebanyak 2.021 orang dan tahun 2010 sebanyak 1.636 orang. (Zul)

Sumber: http://www.antaranews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6005