278 PSK di Kendal Periksa Kesehatan
Tanggal: Thursday, 16 February 2012
Topik: Narkoba


KOMPAS.com, 16 Februari 2012

KENDAL - Pekerja Seks Komersial (PSK) yang ada di lokalisasi Sumberejo, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, menjalani pemeriksaan kesehatan, Kamis (16/2/2012).

Pengecekan kesehatan dilakukan di balai pertemuan komplek lokalisasi, oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal bekerja sama dengan Rehabilitasi Sosial (Resos) lokalisasi setempat. Tujuannya untuk mengetahui apakah ada penghuni lokalisasi yang terjangkit penyakit menular.

Menurut Ketua Resos Sumberjo Kaliwungu, Kendal, Kasmadi, cek kesehatan untuk penghuni lokalisasi dilakukan setiap satu bulan sekali. Bila dalam pemeriksaan tersebut diketahui ada yang terkena penyakit menular seperti HIV/AIDS, pihaknya bakal melakukan pendekatan, dan yang bersangkutan disuruh berhenti 'melayani' tamu. "Mereka kami kembalikan ke keluarganya," kata Kasmadi.

Kasmadi menjelaskan, jumlah PSK yang ada di komplek lokalisasi Sumberjo Kaliwungu ada 278 orang. Jumlah itu kadang bertambah kadang turun. "Selain melakukan pemeriksaan rutin, kami bekerja sama dengan Dinas Sosial juga memberi keterampilan kepada para PSK. Tujuannya supaya mereka mau pindah profesi," tambahnya.

Tahun 2011 lalu, kata Kasmadi, sudah ada PSK yang beralih profesi menjadi karyawan salon dan konveksi.

Sumber: http://regional.kompas.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6014