Menkokesra-Gubernur Gorontalo tanda tangani MoU MDGs
Tanggal: Monday, 20 February 2012
Topik: Narkoba


ANTARA News, 19 Februari 2012

Gorontalo - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono dan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding(MoU) terkait Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium (MDGs).

Menkokesra mengatakan penandatanganan MoU MDGs diperlukan untuk memperkuat komitmen dengan pemerintah daerah, dalam mencapai sasaran tujuan pembangunan.

"Tujuan pembangunan millenium diantaranya memberantas kemiskinan, mewujudkan pendidikan dasar dan meningkatkan kesehatan ibu. Ini semua harus dimulai dari masing-masing daerah," kata Agung di Gorontalo, Minggu.

Ia berharap adanya MoU tersebut menumbuhkan semangat bersama untuk mempercepat pencapaian MDGs khususnya di Provinsi Gorontalo dan Indonesia pada umumnya.

Menko Kesra Agung menjelaskan, 189 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) termasuk Indonesia telah berkomitmen mencapai delapan tujuan pembangunan pada tahun 2015.

"Secara umum Indonesia telah membuat perkembangan luar biasa dan mencapai hasil pembangunan manusia yang signifikan dalam dua dekade terakhir," tambahnya.

Target MDGs yang telah dicapai Indonesia diantaranya penurunan angka kemiskinan dan peningkatan angka partisipasi sekolah.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga berhasil mengurangi kesenjangan antara perempuan dan laki-laki, pada tingkat sekolah dasar dan menengah serta penurunan angka kematian bayi dan balita.

Namun di sisi lain, masih ada beberapa bidang yang belum menunjukkan hasil memuaskan yakni angka kematian ibu melahirkan, akses masyarakat terhadap air bersih serta tingginya prevalensi penularan HIV/AIDS dan penyakit menular lainnya di Indonesia.

Sumber: http://www.antaranews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6028