BNK Maros Akan Gelar Tes Urine Dadakan
Tanggal: Monday, 20 February 2012
Topik: Narkoba


TRIBUNNEWS.COM, 19 Februari 2012

MAROS - Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Maros akan melakukan tes urin bagi seluruh pegawai di lingkup Pemda Maros, serta pejabat DPRD Maros. Tes urin itu akan dilakukan di saat yang tidak diduga oleh seluruh pegawai.

Ketua harian BNK Maros Harmil Mattotorang menuturkan, pelaksanaan tes urin ini sengaja dirahasiakan. Sebab apabila pelaksanaan dibocorkan maka dipastikan bagi pengguna narkoba akan mangkir dan menghindari tes tersebut.

"Narkoba saat ini sudah sangat meresahkan, tdak menutup kemungkinan ada juga PNS yang pernah atau sedang menggunakan narkoba. Makanya kami akan melakukan tes urin secara tidak terduga. Waktunya belum dipastikan karena kami akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Polresta Maros," ujarnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan saat ini BNK masih gencar melakukan sosialisasi di tingkat sekolah dan Kecamatan. Mulai dari tingkat SD hingga SMA. Sosialisasi ini dilakukan setiap Senin saat upacara bendera. Dimana setiap pembina upacara diwajibkan menyisihkan wejangan saat upacara.

"Di tingkat apoteker juga, karena belakangan ini banyak anak sekolah yang meracik sendiri obat itu. Makanya, apoteker juga perlu dilibatkan," jelasnya.

Terpisah, Wakil Ketua I DPRD Maros AS Chaidir Syam menegaskan pada prinsipnya seluruh anggota DPRD siap kapanpun akan dilakukan tes urin. Tergantung jadwal yang diberikan oleh BNK Maros. "Kalau kami di DPRD selalu siap kapan saja. Ini juga sebagai salah satu bentuk kepedulian kami terkait pemberantasan narkoba dan HIV AIDS," jelasnya, Minggu (19/2/2012).

Bukan hanya lingkup DPRD dan BNK Maros saja yang akan melakukan tes urin terkait pemberantasan narkoba. GM Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Syafrie Rahman menuturkan pihak bandara pun telah menjadwalkan akan melakukan tes urin. Itu diperuntukkan bagi seluruh kru maskapai serta pegawai di lingkup Angkasa Pura. Menurut Syafrie hal ini menjadi penting karena bebas dari penggunaan obat-obatan. Seperti narkoba juga merupakan bagian dari salah satu bentuk pelayanan.

Sumber: http://www.tribunnews.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6032