50% Pekerja Swasta di Kaltim Pakai Narkoba
Tanggal: Monday, 20 February 2012
Topik: Narkoba


INILAH.COM, 20 Februari 2012

Samarinda - Wakil Ketua Gerakan Pemuda Anti Narkoba (Gerpana) Kaltim Arafat Zulkarnaen mengatakan sekitar 50 persen pekerja swasta di Kaltim adalah pemakai narkoba. Pemakai narkoba lain adalah pelajar (20%) dan kalangan umum (30%).

"Prosentase tersebut merupakan data Gerpana yang ada saat ini. Karena itu untuk meminimalisir adanya penyalahgunaan narkoba pada tahun 2012, Gerpana telah melakukan berbagai kegiatan seperti membedah masalah narkoba dan penularan virus HIV AIDS," ungkap Arafat.

Dalam kegiatannya, Gerpana lebih dominan mengundang peserta dari karyawan perwakilan perusahaan, seperti bergerak dibidang pertambangan batu bara, perkayuan dan jasa.

"Karena data yang kami miliki, prosentase terbesar penyalahgunaan narkoba dari kalangan pekerja swasta maka dari 90 peserta pada kegiatan Gerpana banyak dihadiri oleh karyawan perwakilan perusahaan," terangnya.

Sedangkan Ketua Gerpana Kaltim, Zainal Arifin, menyampaikan jika Gerpana terus berupaya memaksimalkan kinerjanya dalam mengemban amanah organisasi.

"Gerpana terus melakukan pembenahan organisasi , terutama program kerjanya sehingga kiprah Gerpana semakin nyata dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Termasuk generasi muda kita dewasa ini, yang dihadapkan pada masalah dan tantangan yang semakin banyak, diantaranya adalah narkoba," paparnya.

Menurutnya pemberdayaan masyarakat agar bebas dari narkoba perlu dilakukan secara komprehensif dan menyeluruh meliputi aspek ekonomi, sosial, budaya, politik, spiritual, keamanan dan ketertiban penegakan hukum.

"Selain itu masyarakat juga harus memiliki sikap untuk menghargai hidup dan kehidupan, menghormati orang tua, menghargai diri, menghindari perbuatan yang merugikan diri sendiri atau orang lain. Kemudian saling berbagi perhatian dan kepedulian, empati serta kasih sayang terhadap sesama agar terhindar dari bahaya narkoba," jelasnya. [mor]

Sumber: http://sindikasi.inilah.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6035