Penderita HIV/AIDS di Cirebon Meningkat
Tanggal: Tuesday, 21 February 2012
Topik: HIV/AIDS


Berita8.com, 21 Februari 2012

Jumlah penderita HIV/AIDS di daerah pantura Kota Cirebon, Jawa Barat, terus bertambah dari sebelumnya 488 orang kini menjadi 494 yang tersebar di setiap kelurahan.

"Jumlah penderita HIV/AIDS di daerah Pantura Kota Cirebon, Jawa Barat, sebelumnya 488 kini bertambah menjadi 494 akibat penularan penyakit tersebut sulit dikendalikan terutama pecandu narkotika jenis jarum suntik," kata Sekertaris Komisi Penanggulangan Aids Kota Cirebon, Sri Maryati kepada wartawan di Cirebon, Senin (20/2/2012).

Pengguna narkoba melalui media jarum suntik masih mendominasi penularan penyakit HIV/AIDS di daerah pantura Kota Cirebon, Jawa Barat, kata dia, ditambah pergaulan sex bebas yang jumlahnya terus meningkat, selain penularan dari ibu hamil dan menyusui.

Maryati mengemukakan, semua orang bisa tertular penyakit HIV/AIDS terutama akibat berhubungan sex misalnya seperti ditemukan beberapa waktu lalu, seorang janda menikah dengan laki-laki yang memiliki latar belakang kehidupan baik-baik, namun dirinya kini dinyatakan positif terjangkit HIV/AIDS.

"Siapapun kini semakin rentan dan mudah tertular penyakit HIV/AIDS karena di daerah Pantura Kota Cirebon juga di wilayah lainnya, masyarakat masih enggan untuk memeriksakan dirinya tes HIV/AIDS dengan berbagai alasan," katanya.

Kesadaran masyarakat tentang pemahaman terhadap penyakit HIV/AIDS, menuut Maryati, memang semakin meningkat setelah banyak penderita positif HIV/AIDS meninggal dunia, namun pemeriksaan secara gratis masih kurang diminati karena umumnya pengidap HIV/AIDS merasa malu dan takut.

Dikatakannya, data penderita HIV/AIDS yang masuk di Kota Cirebon, Jawa Barat, selama ini berasal dari Palang Merah Indonesia setelah melakukan program keliling rutin dalam kegiatan donor darah.

Menurut dia, memberi pengarahan kepada pecandu narkoba sangat penting karena selama ini penyebaran tertinggi HIV/AIDS berasal dari mereka.

Sementara itu Husni masyarakat Pantura Cirebon yang peduli HIV/AIDS menuturkan, usia pecandu narkoba di Kota Cirebon rata-rata produktif 23 tahun hingga 39 tahun, dan banyak diantara mereka yang sudah meninggal akibat mengidap HIV/AIDS. (Fat/ANt)

Sumber: http://www.berita8.com




[ Home | Indeks Kliping ]

Berita ini dari Komunitas AIDS Indonesia - Indonesian AIDS Community
http://www.aids-ina.org
URL berita ini adalah:
http://www.aids-ina.org/modules.php?name=News&file=article&sid=6046